Ritual Kumbah Tugu Kujang, Libatkan Ratusan Relawan

20
BOGOR (Bisnis Jakarta) – Ritual Kumbah Tugu Kujang dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bogor ke-535, kembali digelar panitia Hari Jadi Bogor (HJB) tahun 2017, di lokasi Tugu Kujang,  Jalan Raya Padjajaran, Kota Bogor. Senin, (17/07/2017).
Acara tahunan yang melibatkan ratusan relawan tersebut secara resmi dibuka oleh Walikota Bogor, Bima Arya, disaksikan para pimpinan muspida, tokoh masyarakat, jajaran kasepuhan  Bogor, kalangan  budayawan, pelajar/mahasiswa, serta ratusan warga lainnya yang hadir menyaksikan  acara itu.
Koordinator Ritual Kumbah Tugu Kujang, Rendi Mulyadi, mengatakan bahwa kegiatan Kumbah Tugu Kujang  merupakan kegiatan rutin tahunan yang digelar Panitia Hari Jadi Bogor dalam rangka memeriahkan  HUT Kota Bogor yang saat ini telah genap berumur ke-535 tahun.  “Ini simbul dari rasa bangga, cinta dan pengabdian kami sebagai orang Bogor kepada kota ini,” ujarnya.
Menurutnya, acara tahunan kumbah (mencuci) prasasti Tugu Kujang, di Jalan Padjajaran tersebut mulai digelar sejak tahun 1998 hingga sekarang  pada saat HUT Kota Bogor. “Tugu ikon Bogor ini memiliki diameter -+ 26 x 23 M2, dan tingginya mencapai 25 meter. Di atasnya sana berdiri sebilah senjata berupa Pusaka Kujang berwarna perak yang merupakan senjata khas etnis Sunda kebanggan warga Bogor. Makanya setiap tahun kita cat ulang, rawat dan cuci mulai dari ujung bagian pusaka Kujang itu sampai ke palatarannya ini agar selalu tampak indah dan bersih,” jelasnya.
Kegiatan ritual Kumbah Tugu Kujang tersebut direncanakan akan berlangsung selama empat hari, yakni dari hari  Sinin -Kamis mendatang. “Ada 100 relawan yang terlibat dalam kegiatan pencucian tugu ini. Mereka ini dari Komunitas Daya Mahasiswa Sunda, Komunitas Warga Bogoh Ka-Bogor, para atlit panjat tebing dan beberapa perwaklan elemen masyarakat lainnya di Bogor,”  sebutnya.
Rangkaian kegitan seremonial dari acara Kumbah Tugu Kujangnya sendiri dimulai pada pukul 10.00 WIB, kemudian dilanjutkan dengan acara doa bersama yang didipimpin oleh sesepuh, sekaligus Budawan Bogor Bogor, Eman Sulaiman , persis di lokasi pelataran Tugu. “Doa-doa dan ritual ini intinya agar kita semua mendapat keberkahan dan keselamatan selama kegiatan ini berlangsung,” pungkasnya. (bas)