LONDON (Bisnis Jakarta) – Usain Bolt mengamankan tempatnya di final 100 meter Kejuaraan Dunia pada Sabtu, namun ia dua kali merasakan ancaman. Yang pertama melalui pelari AS Christian Coleman, yang mengalahkannya di semifinal mereka, dan papan skor stadion, yang awalnya memperlihatkan hasil yang buruk untuknya.

Pelari Jamaika yang mengincar medali emas keempatnya di ajang ini sebelum pensiun pekan depan setelah lari estafet, memiliki start yang lebih baik daripada di kualifikasi namun ia terancam oleh Coleman yang eksplosif.

Pelari AS itu, yang merupakan orang tercepat di dunia tahun ini dengan catatan 9,92 detik, memberikan tekanan dan melintasi garis finis pertama kali dengan catatan waktu 9,97 detik. Bolt harus bekerja keras untuk memangkas jarak.

Ia hanya mampu menandingi pada beberapa langkah terakhir dan meski ini hanya semifinal, ia tidak akan senang untuk dikalahkan saat melintasi garis finis pada balapan 100 meter untuk pertama kalinya dalam empat tahun. Bolt mencatatkan waktu 9,98 yang merupakan catatan tercepat urutan kedua sepanjang malam namun awalnya Andrew Fisher asal Bahain masuk ke urutan kedua, sedangkan Bolt terlempar dari enam besar.

Pelari Afrika Selatan Akani Simbine menembus semifinal sebagai pelari kalah tercepat “fast loser” setelah finis di urutan keempat pada heatnya pada Jumat, namun ia melakukan start dengan gemilang pada semifinal pertama dari tiga semifinal pada Sabtu dan memelihara penampilannya untuk finis dengan catatan waktu 10,05 detik.

Pelari AS Justin Gatlin, yang kembali dicemooh saat start karena sebelumnya ia sempat diskors karena menggunakan doping, finis di belakangnya dengan 10,09 detik. Yohan Blake, juara 2011, memperlihatkan dirinya masih mampu memberi ancaman meski jarang berkompetisi musim ini, ketika ia memenangi heat kedua dengan catatan waktu 10,04 detik.

Juara baru Britania Reece Prescod memberi kegembiraan pada 56.000 penonton tuan rumah ketika ia melejit pada 20 meter terakhir untuk menduduki urutan kedua dan lolos otomatis ke final turnamen utama untuk pertama kalinya, yang akan berlangsung pada Sabtu malam. (grd/ant)