JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrawi berjanji sudah mempersiapkan bonus bukan hanya dalam bentuk uang bagi para atlet yang memenangkan medali di SEA Games XXIX. “Soal bonus juga disiapkan dan sesuai arahan Bapak Presiden, bonus tidak harus berupa uang saja tetapi harus ada stimulan yang lain. Kami sudah berbicara dengan Menteri PAN-RB (Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) bahwa peraih medali emas nanti akan dipromosikan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS),” kata Nahrawi di kompleks istana Presiden Jakarta, Senin.

Imam menyampaikan hal itu seusai pelepasan kontingen Indonesia yang akan bertanding di SEA Games Kuala Lumpur pada 19-30 Agustus 2017 oleh Presiden Joko Widodo. “Kami sudah berbicara dengan Menteri PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) agar ada fasilitas perumahan bagi peraih medali, tentu ini lompatan baru yang disiapkan pemerintah. Kita akan melihat lebih lanjut dengan Kementerian PUPR,” tambah Nahrawi.

Usulan bonus lain menurut Nahrawi adalah menggandeng BUMN agar para atlet berprestasi dapat dipromosikan sebagai pegawai BUMN sehingga masa depan atlet betul-betul terjamin. “Kalau uang tunai sudah pasti, meskipun anggarannya harus kita rasionalisasi kembali, ini untuk peraih emas, perak, dan perunggu, tergantung tipenya,” ungkap Nahrawi. (grd/ant)