JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Asisten pelatih Tim Nasional sepak bola Bima Sakti menargetkan tim asuhannya meraih medali emas dalam SEA Games XXIX di Kuala Lumpur,Malaysia. “Ya pasti semua target di puncak yang pasti emas, kita juga sadar selama ini belum bisa memberikan medali buat sepak bola. Yang pasti semua pemain punya target yang sama setelah pertandingan kemarin di kualifikasi Piala Asia, (SEA Games) inilah target kita berikutnya,” kata Bima Sakti di kompleks istana kepresidenan Jakarta, Senin.

Menurut Bima Sakti, tim sepak bola akan berlatih intesif hingga 12 Agustus, sebelum keberangkatan ke Kuala Lumpur. “Pemain semua sudah lengkap, ada 24 orang,” ungkap Bima Sakti. Sedangkan tim yang dinilai menjadi saingan kuat adalah tim Thailand dan Vietnam.

“Tapi kita tetap optimis bisa lolos ke fase berikutnya. Sebagai pelatih sepak bola, menurut saya mereka adalah generasi emas karena dengan adanya regulasi di kompetisi kemarin yang harus memakai tiga pemain U23 sangat membantu kita untuk bisa menemukan pemain-pemain yang bertalenta bagus,” tambah Bima.

Meski demikian Bima Sakti mengakui ada pemain yang cedera. “Cuma ada beberapa pemain yang mengalami cedera, Bagas dan Ardianto. Sekarang dia tidak ikut (ke istana) karena tahap penyembuhan terapi, yang lain semuanya dalam kondisi fit. Memang kemarin pelatih memberikan kesempatan pemain untuk balik ke ke rumah dulu untuk bertemu keluarga kemudian mereka dikembalikan ke klub supaya mereka bisa berkompetisi menjaga kondisi mereka dengan latihan di klub,” ungkap Bima.

Sedangkan pelatih futsal perempuan Andre Picessa mengaku timnya juga menargetkan emas. “Kalau tahun lalu kita juara futsal di AFF Cup, kita juara mengalahkan Thailand, targetnya memang medali emas satlak maupun federasi sebagaimana kita bisa meraih medali emas,” kata Andre.

Tim yang menjadi pesaing paling berat menurut Andre adalah Thailand. “Yang jelas pasti Thailand karena memang mereka siap seluruhnya dari basic-nya tecnical tactical siap, venue juga mereka siap. Saat ini kita belum ada venue futsal internasional. (grd/ant)