LONDON (Bisnis Jakarta) – Jose Mourinho pada Senin mengatakan bahwa ia akan menggiatkan pengejaran Manchester United terhadap Gareth Bale jika pemain sayap Real Madrid itu tidak masuk tim inti pada pertandingan Piala Super Eropa antara Setan Merah melawan sang juara Liga Champions.

Bale sempat menjadi pemain termahal di dunia ketika ia didatangkan Real dari Tottenham Hotspur dengan nilai 85,5 juta pound, meski statusnya di Real merosot karena berbagai cedera pada musim lalu yang membuatnya tidak masuk tim inti di final Liga Champions ketika mereka menang atas Juventus.

Masa depan Bale di Real berada dalam ketidakpastian di mana klub itu dilaporkan masih mengejar pemain remaja Kylian Mbappe dari Monaco, meski ia diperkirakan akan tampil sejak awal saat melawan United. Mourinho mengatakan ia akan memanfaatkan absennya pemain internasional Wales itu sebagai undangan untuk memikatnya pindah ke Old Trafford.

“Jika ia tidak masuk dalam rencana-rencana klub, maka dengan kedatangan pemain lain akan berarti ia sedang berada di jalan keluar. Saya akan berusaha untuk menunggu dia di sisi lain dan bertarung dengan pelatih-pelatih lain yang menginginkan dia di tim mereka,” kata Mourinho pada konferensi pers menjelang pertandingan pada Selasa di Skopje.

“Jika ia bermain besok, saya tidak akan memikirkan hal itu, itu akan terjadi karena ia ada dalam rencana-rencana sang pelatih dan rencana-rencana klub, karena ia juga memiliki motivasi untuk melanjutkan di Real Madrid.” United telah merekrut penyerang Romelu Lukaku, gelandang Nemanja Matic, dan bek Victor Lindelof pada musim ini panas ini yang total menghabiskan dana transfer sebesar 146 juta pound ketika mereka berupaya memperbesar peluang untuk menjuarai Liga Inggris setelah hanya finis di peringkat keenam musim lalu, dan Mourinho mengatakan ia menginginkan satu rekrutan lagi.

Piala Super Eropa merupakan satu-satunya trofi Eropa yang belum pernah dimenangi Mourinho sebagai pelatih, setelah ia menelan kekalahan pada 2003 dan 2013 saat menukangi Porto dan Chelsea. United belum pernah mengangkat trofi ini sejak 1991, dan pria Portugal ini mengatakan timnya merupakan tim “underdog” dibanding juara bertahan Liga Champions Real.

“Kami akan berusaha namun perbedaan antara juara Liga Champions dan juara Liga Europa begitu nyata. Terdapat perbedaan kualitas yang besar namun kami percaya ini memungkinkan,” tutur Mourinho.

Sang manajer juga mencemaskan mengenai suhu terik di ibukota Macedonia, yang membuat panitia turnamen UEFA mengizinkan water break pada pertandingan Selasa. “Saya tahu suhunya seperti ini dan sejak kami kembali dari AS. Di Madrid, mereka telah berlatih beberapa sesi dengan suhu panas maka semestinya ini dapat lebih mudah diadaptasi dibanding kami, namun kami harus bermain dan menikmati momen istimewa,” ujarnya.

“Tidak sering seorang pemain memiliki kesempatan untuk bermain di Piala Super Eropa kecuali Anda seperti Madrid dan Barcelona yang secara reguler memenangi trofi-trofi Eropa.” (grd/ant)