GIANYAR (Bisnis Jakarta) – Dukungan supporter menjadi nilai tambah bagi sebuah tim dalam menghadapi pertandingan penting di kandang. Meski telah mengalami kekalahan di tiga laga sebelumnya, antusias Semeton Dewata masih tinggi untuk dating ke Stadion Kapten I Wayan Dipta untuk menyaksikan kemenangan Bali United FC atas Arema FC dalam lanjutan Liga 1 Gojek bersama Bukalapak, Jumat (18/5) malam.

Dukungan terus menerus Semeton Dewata ini pun tak luput dari perhatian pelatih kepala Bali United, Widodo C Putro. Ia mengatakan, dukungan penuh dari para suporter juga mampu membakar semangat para punggawa Serdadu Tridatu.

“Dukungan dari suporter yang merupakan pemain ke-12 kami juga sangat luar biasa. Ini merupakan sinergi yang luar biasa antara tim dan suporter. Semoga ke depannya bisa terus seperti ini,” harap Coach Widodo usai pertandingan.

“Kemenangan penting yang patut kami syukuri. Apresiasi tentunya untuk semua pemain yang sangat bekerja keras di pertandingan ini.”

Kemenangan penting yang mendongkrak posisi timSerdadu Tridatu diraih lewat gol semata wayang Stefano Lilipaly saat pertandingan tersisa 10 menit.

Ketatnya laga sudah terlihat sejak awal babak pertama. Tim tamu Arema FC yang berada di posisi juru kunci klasemen berhasil mengejutkan publik tuan rumah setelah peluang emas Thiago Furtuoso di menit ke-5 hampir membobol gawang Bali United yang djkawal Wawan Hendrawan.

Pada menit 16 giliran tim Serdadu Tridatu yang mendapat peluang. Berawal dari penetrasi Irfan Bachdim yang dilanjutkan umpan crossing ke arah Stefano Lilipaly. Sayangnya tendangan Lilipaly masih melebar dari gawang Arema FC.

Di menit 20 kembali Bali United mendapat peluang. Kali ini berawal dari skema tendangan bebas Irfan Bachdim yang disambut sundulan Ahn Byungkeon, namun sayangnya masih belum menemui sasaran. Lima menit berselang kembali Bali United mendapat peluang emas. Kali ini umpan matang Andhika Wijaya disambut sontekan Irfan Bachdim yang berdiri bebas di kotak penalti, sayangnya masih melambung diatas gawang Arema FC. Sampai dengan babak pertama usai, skor imbang tanpa gol tetap bertahan.

Di babak kedua beberapa perubahan dilakukan tim pelatih Bali United. Salah satunya memasukkan Miftahul Hamdi menggantikan Ilija Spasojevic. Pergantian yang membuat Stefano Lilipaly mengisi posisi Spaso sebagai penyerang tengah.

Keputusan yang terbukti cukup cermat dari tim pelatih Bali United karena pada menit 80, Stefano Lilipaly sukses membobol gawang Arema FC memanfaatkan umpan matang Nick Van Der Velden.

Berawal dari kecermatan Irfan Bachdim yang melepaskan umpan terobosan kepada VDV yang bergerak di sektor kiri dan dilanjutkan dengan umpan terukur ke arah Lilipaly yang berdiri bebas. Dengan tenang Lilipaly berhasil mengeksekusi bola dan membobol gawang yang dikawal Joko Ribowo. Sampai dengan pertandingan usai, skor 1-0 untuk kemenangan Bali United tetap bertahan.

Selanjutnya tim Serdadu Tridatu akan bertamu ke kandang Borneo FC di Stadion Segiri pada hari Rabu (23/5) mendatang. (grd)