Roma ( Bisnis Jakarta ) – Mantan pelatih timnas Italia Roberto Donadoni dipecat oleh Bologna pada Kamis setelah dua setengah tahun mengarsiteki klub Liga Italia tersebut.

Bologna, yang finis di peringkat ke-15 pada musim lalu, memutuskan untuk mendepak pria 54 tahun itu dengan satu tahun tersisa di kontraknya meski menilai dirinya sebagai pelatih “yang bagus.” “Bologna FC 1909 mengumumkan bahwa Roberto Donadoni tidak akan menjadi pelatih tim pertama untuk musim depan,” kata klub melalui pernyataannya di Twitter, berterima kasih kepada dirinya dan stafnya untuk pekerjaan yang dilakukan dengan “hasrat dan profesionalisme.” “Saya menilai Donadoni sebagai pelatih yang bagus, yang telah melakukan kontribusi penting untuk kredibilitas klub kami,” kata presiden Joey Saputo.

“Bagaimanapun, kami merasa bahwa setelah tiga tahun, putarannya di Bologna harus berakhir meski terdapat komitmen dan dedikasi yang selalu diperlihatkan ia dan para stafnya.” Donadoni, mantan pemain sayap yang bermain untuk Italia selama satu dekade, memenangi enam gelar Liga Italia dan tiga Piala Eropa sebagai pemain, semuanya sebagai pemain AC Milan.

Meski dihormati banyak pihak, ia tidak pernah mampu mengulangi kesuksesan itu sebagai pelatih dan belum pernah memenangi gelar utama sepanjang kariernya yang telah membawa ia melatih di Lecco, Livorno, Genoa, Cagliari, Napoli, dan Parma.

Ia banyak dipuji untuk sikapnya yang bermartabat pada musim terakhirnya di Parma, yang terdegradasi di tengah masalah finansial dan administratif di klub.

Donadoni melatih timnas Italia pada 2006 sampai 2008, membawa mereka ke perempat final Piala Eropa 2008.

Ia merupakan pelatih Liga Italia kedua yang berpisah dengan klubnya sejak akhir musim 2017/2018, di mana Napoli telah lebih dahulu menggantikan Maurizio Sarri dengan Carlo Ancelotti pada Rabu.(ant)