TANGSEL (Bisnis Jakarta) – Ondel ondel merupakan salah satu kesenian khas betawi. Bentuknya yang menyerupai boneka pria dan wanita dengan pakaian khas betawi tersebut terkadang nampak lucu dan menggemaskan. Lalu bagaimana jika ondel ondel terbuat dari botol bekas dan sisa kain perca?.

Kreativitas inilah yang coba dibuktikan warga sekitar kolong fly over Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel).

“Kita bersama rekan-rekan yang peduli terhadap lingkungan memanfaatkan botol plastik softdrink dan kain sisa (perca) untuk bisa membuat miniatur ondel-ondel itu,” ungkap instruktur dalam membuat ondel-ondel yang juga pegiat kreativitas di kolong flyover, Dudi bagol.

Ia bersama tim mengaku hanya ingin menularkan beberapa kreativitas dengan tujuan agar warga sekitar bisa mendapatkan nilai ekonomis dari produk yang telah di jual.

Botol softdrink tadi dipotong pada bagian atas. Lalu potongan itu diposisikan terbalik dan di tempelkan di pada bagian bawah botol bekas. Lalu lukis wajahnya menggunakan perlengkapan menggambar.

“Setelah selesai melukis wajah ondel-ondel, kemudian ambil kain perca untuk membuat pakaian ondel-ondel dengan warna sesuai keinginan,” urainya.

Menurut Dudi, miniatur ondel-ondel yang telah selesai, akan ditawarkan secara komersil sebagai cinderamata dengan harga yang terjangkau.

“Aneka ragam kegiatan kreatif di kolong flyover merupakan bukti kepedulian dan pengabdian kita terhadap kampung halaman dan kota Tangsel,” tandasnya. (nov)

Baca Juga :   Otomotif - Dovizioso Menangi Balap Pembukaan MotoGP Di Qatar