TANGSEL (Bisnis Jakarta) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melakukan pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA) secara kolektif ke sekolah-sekolah. Upaya ini dilakukan untuk menyukseskan program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA).

“Jadi ini adalah program skala nasional, yang bertujuan menyadarkan masyarakat akan pentingnya administrasi kependudukan,” ungkap Kepala Disdukcapil Kota Tangsel, Dedi Budiawan.

Mekanisme pengajuan pencetakan KIA dilakukan dengan mengajukan permohonan dengan menunjuk koordinator sekolah. Kemudian, pihak koordinator sekolah melakukan verifikasi berkas untuk selanjutnya diteruskan ke Disdukcapil Kota Tangsel.

Dedi menambahkan, banyak manfaat bagi pemegang kartu tersebut. Diantaranya penggunaan keperluan anak dalam pemenuhan hak-haknya seperti pelayanan publik, pembukaan rekening bank yang isinya lebih lengkap dibandingkan data KTP karena disertai dengan nama orangtua.

“Bahkan, di KIA lebih lengkap tercantum nama orangtua. Dengan dia punya KIA, salah satu kelebihannya lagi yaitu sewaktu dia mendaftar untuk PPDB SMP hanya tinggal menunjukan KIA saja sudah bisa,” pungkasnya. (nov)

Baca Juga :   Payung Hitam Kasus JICT-Koja untuk KPK