KUNJUNGAN – Walikota Bogor Bima Arya, didampingi Ketua Tim Pengerak PKK Kota Bogor, Yane Arddian, saat mengunjungi lokasi Kampung Tematik, di Kelurahan Cipaku, Kota Bogor.

BOGOR (Bisnis Jakarta) – Kelurahan Cipaku, di Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor merupakan salah satu kampung Tematik yang saat ini terus dikembangkan pemerintah setempat melalui sepuluh program unggulannya, yakni ‘Kampung Sarebbu’ (Sehat, Rukun, Endah, Bersih dan Berbudaya).

Kampung Sarebbu merupakan bagian dari program Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor untuk melakukan penataan kawasan di wilayah yang menggabungkan antara penataan fisik dan pemberdayaan masyarakat.

“Kampung tematik dengan masing-masing keunikan dan spesialisasi yang ada di Kota Bogor ini didorong dan menjadi fokus utama. Sebab, telah masuk ke dalam Rencana Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD), janji kampanye dan rencana kegiatan semua dinas, yaitu fokus pada pemberdayaan kampung,” kata Walikota Bogor, Bima Arya saat menerima Tim Penilai Lomba Kelurahan tingkat Provinsi Jawa Barat (Evaluasi Perkembangan Kelurahan Tahun 2018), di Kelurahan Cipaku, Kecamatan Bogor Selatan, Rabu (18/07).

Tahun lalu Kelurahan Katulampa dan terus berlanjut, kemudian pada tahun ini Kelurahan Cipaku terpilih mewakili Kota Bogor dalam ajang tersebut.

“Tetapi sebetulnya ini berbarengan juga dengan banyak wilayah lain yang akan kita kembangkan menjadi kampung tematik untuk menunjang perkembangan yang ada di pusat kota sekaligus melakukan pemberdayaan di wilayah,” papar Bima.

Bagi Kota Bogor, kegiatan semacam itu mengakselerasikan perkembangan dari program-program yang dimiliki Pemkot Bogor. Seperti sepuluh program unggulan di Kelurahan Cipaku yang sangat kaya dan dilakukan oleh warga bersama aparatur wilayah serta dinas terkait.

“Mulai dari pelayanan pemerintahan yang berbasis IT. Kemudian kenapa disebut sehat, karena di sini ada program yang fokus kepada ketahanan keluarga seperti dengan membudidayakan lele, membudidayakan tanaman alpukat. Karena cita-citanya ingin dikenal sebagai Kampung Lele dan terkenal sebagai Kampung Alpukat. Begitu pun dengan peternakan ayam arab yang sudah dirintis disini,” ungkapnya. (bas)

Baca Juga :   Database Koperasi Harus Akurat dan Faktual