Tiga Kota Ini Menjadi Daya Tarik Thai People

    60
    JAKARTA (Bisnis Jakarta)-
    Rayuan Wonderful Indonesia di Sales Mission Thailand emang keren abis. Buyers potensial Chiang Mai dibuat senyap. Dibuat terpana. Semuanya terlihat enjoy saat menyimak Sales Mission Wonderful Indonesia di Chiang Mai, Thailand, Selasa (28/8).

    Jakarta banyak disuka. Bandung di Jawa Barat apalagi. Hal yang sama juga terlihat di destinasi Malang, Jawa Timur. Wakil Ketua Tim Percepatan Sejarah, Religi, Tradisi dan Budaya Kemenpar Tendi Nuralam begitu piawai menggoda 19 buyers Thailand yang hadir di Ballroom Furama Hotel, Chiang Mai.

    Semua keingintahuan para buyers Chiang Mai langsung terpuaskan dengan suguhan video-video pendek yang mudah dicerna. Semua puas dengan suguhan itinerary yang detail.
    Tiga keyword yang diucapkan Tendi langsung mengena tepat ke sasaran. Semuanya tune in dengan Jakarta, Bandung dan Malang. Tiga keyword inilah yang membuat audience menahan napas. Maklum, destinasinya sangat pas dengan Thai people. Jakarta sebagai ibukota Indonesia punya segalanya. Punya banyak mal berkelas.

    Kulinernya apalagi. Semua makanan tradisional khas Indonesia ada di sana. Mau yang pedas, Manis, Asam, Western, Asian food, Semua ada. Semua tersedia. “Sisi lainnya banyak. Ini yang coba kita sentuh di Chiang Mai,” ucap Tendi Naim.

    Menpar Arief Yahya yang didampingi Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional I Masruroh juga seirama. Bagi Menpar, pariwisata itu adalah kedekatan, proximity. Kedekatan jarak, kedekatan emosional, kedekatan budaya dan tradisi, kedekatan ideologi, dan kedekatan spiritual.

    Jaraknya tidak terlalu jauh. Durasi terbang dari Bangkok ke Jakarta hanya 3 jam 5 menit. Sementara yang mau ke Bali, destinasinya bisa ditempuh 4 jam 10 menit dari Bangkok. “Itu adalah pasar yang bisa cepat digarap dan menghasilkan wisman," kata Menpar.

    Culturenya juga punya banyak kesamaan dengan Indonesia. Lihat saja tarian dan kostum penari tradisional Sumatera Selatan, seperti Gending Sriwijaya. Pakaian adatnya sama dengan Thailand. “Kita juga punya Borobudur, candi terbesar dan tertua yang bisa menjadi daya tarik buat mereka. Yang senang bahari, Indonesia juga punya pantai yang eksotik. Belanja dan heritagenya juga keren-keren. Jadi silakan ke Indonesia. Kita punya Jakarta, Jawa Barat, Jogjakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur yang pas dengan selera pasar Thailand,” ungkap Arief Yahya. (son)