Perdana, Garuda Layani Rute Jakarta-Samarinda

    37
    JAKARTA (Bisnis Jakarta)-
    Kurang dari sebulan pasca diresmikan Presiden Joko Widodo, Bandara Aji Pengeran Tumenggung (APT) Pranoto di Samarinda akan layani 4 rute baru. Satu diantaranya, penerbangan perdana Garuda Indonesia rute Jakarta-Samarinda yang diinagurasi Selasa (20/11).

    Kedatangan penerbangan perdana ini disambut oleh Gubernur Provinsi Kaltim didampingi oleh Kepala Bandara APT Pranoto, Walikota Samarinda, Kapolda Kaltim, Pangdam Mulawarman, kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VII Balikpapan, Branch Manager Garuda Indonesia, serta stakeholder penerbangan lainnya.

    Gubernur Kaltim H. Isran Noor menyampaikan ucapan terima kasih kepada Menteri Perhubungan beserta jajarannya karena telah merealisasikan penerbangan langsung dari Samarinda menuju Jakarta sebagaimana harapan masyarakat Kaltim, khususnya masyarakat Samarinda. Isran juga mengapresiasi respon cepat yang diberikan Kementerian Perhubungan dalam menjawab PR dari Presiden Jokowi saat meresmikan Bandara APT Pranoto.

    Dirjen Perhubungan Udara, Polana Banguningsih Pramesti menjelaskan, pihaknya mengapresiasi hasil kerja keras semua pihak dalam mendukung pemerintah untuk memenuhi harapan masyarakat akan adanya penerbangan langsung dari Samarinda menuju kota-kota besar dan pusat bisnis seperti Jakarta dan Makassar.

    Polana menambahkan, Bandara APT Pranoto adalah bandara pengganti Bandara Temindung yang sudah tidak bisa dikembangkan lagi, karena runwaynya sangat terbatas, berada di lokasi padat pemukiman sehingga keselamatan dan keamanan penerbangan sangat rawan. Selain itu bandara tersebut selalu menjadi langganan banjir ketika musim hujan tiba.

    Kepala Bandara APT Pranoto Samarinda Dodi Dharma Cahyadi menjelaskan, maskapai Garuda Indonesia yang melayani rute Jakarta-Samarinda dijadwalkan beroperasi setiap hari menggunakan armada Boeing 737-800 dengan kapasitas 162 penumpang.

    Sebelumnya beberapa maskapai telah beroperasi di Samarinda, yaitu Travel Express melayani Samarinda-Berau, Samarinda-Melak, dan Samarinda-Tanjung Selor menggunakan pesawat jenis ATR 42 dengan kapasitas 42 seat. Maskapai Susi Air melayani rute Samarinda-Balikpapan dengan pesawat udara jenis cessna dengan kapasitas 12 seat.

    Selain itu, ada empat rute baru yaitu Batik Air akan melayani rute baru langsung Jakarta  dengan pesawat jenis Airbus A320, dan Samarinda-Makassar,  dan Wings Air yang akan menerbangi rute Samarinda-Berau-Samarinda.

    Bandara yang dibangun oleh Pemerintah Daerah ini diharapkan dapat menjadi kebanggaan masyarakat Samarinda. Untuk itu peran serta aktif masyarakat dalam ikut menjaga dan mengembangkan Bandara ini sangat dinanti-nantikan. (son)