Tumbuhkan Kesadaran Menabung Sejak Usia Dini

    54
    JAKARTA (Bisnis Jakarta)-
    Sejumlah Mahasiswa dan Mahasiswi Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta mengadakan program 'Asyiknya Menabung!' di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Muta’alimin Meruya dalam rangka menumbuhkan kesadaran untuk menabung sejak usia dini.

    Ketua Pelaksana Program “Asyiknya Menabung” Adinda Bayrani Rizkiah mengatakan, program ini merupakan program yang lahir dari mata kuliah Kuliah Peduli Negeri yang ada di Universitas Mercu Buana. Melalui mata kuliah ini, kata dia, mahasiswa Universitas Mercu Buana diharapkan peka dan peduli terhadap permasalahan yang ada pada lingkungan sekitar mereka dan dapat memberikan sumbangsih positif melalui program yang mereka buat.

    Program Asyiknya Menabung, jelas Rizkiah, merupakan program yang sangat positif untuk mengenalkan dan menumbuhkan kesadaran menabung terutama pada anak usia dini, mengingat saat ini kesadaran masyarakat Indonesia akan menabung terbilang cukup rendah. "Kami merasa perlu untuk memberikan kontribusi positif terutama untuk adik-adik kita, agar dapat memiliki kebiasaan yang baik sejak dini," kata Rizkiah.

    Ia mwngatakan, menabung akan mengajarkan banyak hal untuk mereka, diantaranya adalah melatih kedisiplinan dan kesabaran, dapat membedakan mana kebutuhan dan keinginan, serta dapat mempergunakan uang dengan baik sesuai umurnya.

    Sebagai mahasiswa, Rizkiah mengaku, peka dan peduli akan pentingnya menanamkan dan menumbuhkan kebiasaan menabung pada anak-anak. Apabila dibiasakan sejak dini, kata dia, kebiasaan menabung akan menjadi modal mereka di masa depan dalam mengelola uang mereka sendiri. Hal ini juga sejalan dengan program menabung yang sudah dimiliki oleh Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Muta’alimin.

    Melalui program Asyiknya Menabung, Rizkiah berharap, para siswa-siswi semakin giat dalam menabung, baik di lingkungan rumah maupun lingkungan sekolah mereka. "Kami juga berharap semakin banyak sekolah-sekolah yang memiliki program menabung dan mengajarkan siswanya untuk menabung sejak dini agar dapat menjadi dasar untuk mereka dalam mengelola uang di masa depan," papar Rizkiah. (son)