Penumpang Melalui Bandara Halim Capai 7,4 Juta Orang

    47
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Menutup tahun 2018, PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta membukukan jumlah penumpang sebanyak 7,4 juta orang. "Jumlah tersebut melampaui target yang kami tetapkan,” kata Executive General Manager PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Halim Perdanakusuma, Marsma TNI AU Pip Darmanto usai menyambut penumpang yang mendarat perdana tahun 2019 di Jakarta, Selasa (1/1).

    Pesawat pertaman yang mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma tahun 2019 ini adalah Citilink rute Yogyakarta-Jakarta pada pukul 06.15 WIB. Sepasang suami istri mendapat kalungan bunga dari Marsma TNI AU Pip Darmanto serta berbagai bingkisan dan sovenir.

    Sebelumnya, penerbangan terakhir di tahun 2018, yaitu pesawat Batik Air tujuan Jakarta-Pekanbaru pukul 19:50 WIB. Penerbangan terakhir tersebut ditandai dengan pemberian kalungan bunga kepada salah seorang penumpang.

    Para penumpang Batik Air yang lain juga diberi cokelat dan bingkisan suvenir. "Ini sebagai ucapan terima kasih dan apresiasi kepada para penumpang yang terus mempercayai layanan Bandara Halim Perdanakusuma sepanjang 2018,” kata Pip Darmanto.

    Pip Darmanto mengaku bersyukur menutup tahun 2018 ini dengan prestasi manis yaitu mampu memenuhi target perolehan jumlah penumpang yang ditetapkan perusahaan. Meski begitu, lanjut Pip Darmanto, jumlah penumpang selama masa angkutan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 mengalami penurunan sekitar 3,04 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya, yakni sekitar 203.057 penumpang.

    Jumlah sebanyak itu terdiri dari penumpang keberangkatan 122,547 orang dan penumpang kedatangan 115,520 orang. "Mungkin efek trauma naik pesawat pasca bencana alam yang terjadi. Juga karena sudah dibuka jalan tol yang sebagian ruasnya masih gratis. Sehingga banyak orang yang ingin mencoba mudik pakai kendaraan pribadi,” kata Pip Darmanto. (son)