HIN Raih Laba Rp 21 Miliar, Melonjak 24.000 Persen

    25
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    PT Hotel Indonesia Natour (HIN) pada tahun 2018 berhasil meningkatkan keuntungan secara signifikan, dari Rp 9 juta pada tahun 2017 menjadi sebesar Rp 21,750 miliar pada tahun 2018. Peningkatan keuntungan signifikan sebesar  24.000 persen tersebut berhasil diraih berkat berbagai langkah, program, dan kegiatan yang dilaksanakan di seluruh aspek kegiatan perusahaan. Demikian diungkapkan Dirut HIN Iswandi Said saat paparan kinerja 2018 di Jakarta, Kamis (31/1).

    Iswandi mengatakan, lanfkah lain yang dilakukan adlaha mulai dari penataan dan pengembangan berbagai sarana dan fasilitas hotel, peningkatan aspek services atau pelayanan, pengembangan budaya perusahaan (corporate culture), pengembangan sistem human capital, serta peningkatan dan pengembangan program pemasaran perusahaan.

    Menurut Iswandi, salah satu fokus pengembangan program pemasaran yang dilaksanakan adalah penerapan strategi marketing 4.0, yang diawali dengan pengelolaan customer engagement secara online dan memanfaatkan review dari customers sebagai bahan perbaikan dan peningkatan pelayanan.

    Melalui berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan tersebut, kata dia, HIN berhasil meningkatkan tingkat okupansi kamar (occupancy rate)
    sebesar 6,02 poin menjadi 69% dan jumlah kamar yang terjual mengalami peningkatan sebesar 9,97% terutama peningkatan tamu turis domestik maupun mancanegara. Penjualan secara online mengalami peningkatan sebesar 40,36%.

    Selain berbagai peningkatan kinerja yang signifikan, Iswandi mengungkapkan, HIN juga mendapat kepercayaan untuk menangani dan mendukung berbagai event internasional antara lain melaksanakan pengelolaan layanan jasa pada event pra atau "Inviting Asian Games", acara pertemuan tahunan World Bank-IMF, dimana salah satu hotel HIN, Inaya Putri Bali menjadi "official hotel" bagi para delegasi IMF dan World Bank, serta general assembly event konperensi internasional wanita (UN ICW) di hotel Grand Inna Malioboro, Jogjakarta.

    Melalui inovasi dan berbagai program yang dilaksanakan, HIN berhasil meraih berbagai awards atau penghargaan, beberapa diantaranya The Best CEO BUMN Strategic Networking, Digital Branding Terbaik Sektor Financial & Hospitality, Enhancing Competitiveness Through Technology Sektor Financial & Hospitality, The 9th Indonesia Travel & Tourism Award 2018/2019, dll.

    Loyalty Program

    Sejalan dengan program transformasi, dimana tahun 2019 merupakan tahapan untuk mengembangkan HIN menjadi Leading Company, maka sebagai apresiasi terhadap para stakeholder serta dalam upaya meningkatkan engagement customers, HIN memperkenalkan program loyalitas pelanggan (loyalty program), bernama Hotel Indonesia Group  Hospitality Rewards.- HIGH Rewards.
    Program Loyalitas Pelanggan ini, kata dia, hadir dalam tiga kategori, yaitu High Rewards Loyalty Program, HIGH Privilege Loyalty Program, dan HIGH Pro Loyalty Program. (son)