Wonderful Noon Bandung, Libatkan Pentahelix Perkuat Tourism 4.0

    12
    BANDUNG (Bisnisjakarta)-
    Perkembangan industri digital era 4.0 saat ini membuat sektor pariwisata Indonesia harus bergerak mengikutinya. Kemenpar semakin aktif menerapkan pengembangan pariwisata atau tourism 4.0 untuk menjangkau wisatawan milenial.

    Menpar Arief Yahya menegaskan, program Go Digital menjadi salah satu program strategis Kemenpar dalam upaya memenangkan pasar di era industri 4.0. Wisatawan milenial tercatat jumlahnya mencapai 50 persen dari keseluruhan wisman inbound ke Indonesia dengan proyeksi pertumbuhan berlipat.

    Sebagai upaya menarik wisatawan milenial, Kementerian Pariwisata terus berpromosi melalui platform digital, diikuti dengan penguatan media sosial yang melibatkan para selebgram, blogger, youtuber, maupun industri pariwisata. Salah satunya melalui penyelenggaraan Wonderful Noon yang melibatkan kalangan akademisi, bisnis, pemerintah, komunitas, dan media (Pentahelix). "Digitalisasi sudah menjadi hal yang tidak bisa lepas dari keseharian masyarakat. Kehadiran kaum milenial, terutama di media sosial sangat berpengaruh bagi perkembangan pariwisata Indonesia, yang bisa menjadi sarana promosi di mata dunia," kata Sekretaris Kementerian Pariwisata Ukus Kuswara, Jumat (8/3).

    Ukus Kuswara menekankan pentingnya peran media digital bagi keberlangsungan pariwisata. Terlebih, aktivitas pariwisata yang berjalan kini banyak dilakukan oleh anak muda dengan memanfaatkan teknologi digital.

    Karena itulah, diperlukan kesiapan khusus dan serius untuk mengembangkan pariwisata berbasis digital untuk menarik kunjungan wisatawan milenial. Adanya perubahan pola perilaku kaum milenial yang semakin mobile dan personal harus diadaptasi lewat pengembangan destinasi digital.

    Wonderful Noon merupakan acara unggulan Biro Komunikasi Publik, Kementerian Pariwisata yang digelar dua kali setahun. Untuk Wonderful Noon pertama di tahun ini mengambil tema "White of Wonders – The Extra Ordinary Experience”, yang mengajak selebgram, blogger, youtuber dan industri bersama-sama mengibarkan Indonesia di mata dunia lewat digital. Kegiatan yang akan berlangsung pada 8 Maret 2019 di Orchid Forest, Cikole, Bandung, ini juga bertujuan mempublikasikan dan mempromosikan pengelolaan informasi kebijakan dan program pembangunan Kemenpar melalui media sosial resmi kepada penggiat media sosial dan stakeholder Pariwisata. (son)