Dukung Sport Tourism, Ini Yang Dilakukan Polygon

    12
    YOGYAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Dinas Pariwisata DI Yogyakarta menggelar event sepeda Tour de Jogja 2019. Event sepeda yang mengusung konsep long distance cycling dan membawa tema “Exploride to Happy Life ” itu menempuh jarak 142 kilometer serta diikuti ribuan peserta dalam dan luar negeri. Kegiatan yang diikuti 1.250 peserta itu mengambil titik start dan finish di Komplek Candi Prambanan, Minggu (17/3).

    Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata DIY, Marlina Handayani mengatakan, event ini merupakan perpaduan sport dan tourism, yang mengajak peserta berolahraga bersepeda sambil menikmati landmark ikonik di Yogya. Total ada tiga check poin yang dilewati peserta dalam event ini yakni Kabupaten Sleman, Kulonprogo, dan Kota Yogya.

    Di tiap titik check poin, kata Marlina, peserta dihibur dengan kesenian tradisional. Rute yang dipilih melintasi seluruh kabupaten yang ada di Yogyakarta dengan harapan dapat merangkul seluruh elemen masyarakat. Pada spot-spot terpilih yang disambangi ditampilkan gimmick kejutan untuk menambah semangat para pesepeda menyelesaikan rute yang ditempuh.

    Selain berkonsep long distance cycling, jelas dia, pada event ini juga disertakan race bagi peserta pesepeda. Konsep race tersebut adalah up hill challenge atau lebih dikenal sebagai King of Mountain (KOM) / Queen of Mountain (QOM) sejauh 9.5 kilometer 825 Elevation gain – 14% Max Grade dengan total hadiah Rp 50 juta.

    Dari total peserta yang ikut, ada 20-an pesepeda asing yang mendaftar mulai dari Korea, Jepang, Kanada, Amerika, serta Malaysia. Sedangkan peserta dari dalam negeri berasal, selain dari Pulau Jawa juga diikuti pesepeda asal Kalimantan, Sumatra, dan Sulawesi. Untuk pejabat daerah yang ikut event ini di antaranya ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta Bupati Sleman Sri Purnomo namun dengan rute lebih pendek.

    Pada kegiatan kali ini, Polygon juga kembali menjadi salah satu brand sepeda yang turut mendukung terselanggaranya acara ini. “Polygon konsisten mendukung kegiatan dan program yang terkait dengan sport tourism, ini menjadi salah satu komitmen kami,"  kata Yunike Maris selaku Assistant Head of Global Marketing Communications Polygon Bikes.

    Harapannya, kata Yunike, melalui kegiatan ini dapat lebih memperkenalkan potensi wisata Yogyakarta melalui kegiatan bersepeda yang menyenangkan. Selain itu, potensi sepeda balap juga tren-nya sedang meningkat, hal ini yang didukung dengan harapan mampu meningkatkan atensi masyarkat akan bersepeda terutama bersepeda balap. (son)