Kemenhub Gelar Mudik Gratis Dengan Kapal, Buruan Daftar !

    13
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Meski Hari Raya Idul Fitri tahun 2019 masih beberapa bulan lagi, Pemerintah telah melakukan persiapan untuk memastikan penyelenggaraan angkutan Lebaran tahun 2019 dapat berjalan dengan aman, selamat, tertib dan nyaman.

    Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, guna membantu kelancaran arus mudik pada masa angkutan Lebaran, Kementerian Perhubungan telah menyiapkan program mudik gratis bagi masyarakat. Pada tahun 2019 (1440 H) ini, Kementerian Perhubungan kembali menggelar program mudik gratis, termasuk mudik gratis dengan kapal laut bagi pengendara sepeda motor yang akan dibuka pendaftaran pada tanggal 1 April 2019.

    Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut,  Capt. Wisnu Handoko menjelaskan, jadwal keberangkatan angkutan laut mudik gratis dengan kapal bagi pengendara sepeda motor dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta – Tanjung Emas Semarang pada tanggal 30 Mei dan 1 Juni 2019. Sedangkan  untuk jadwal arus balik dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang – Tanjung Priok Jakarta mulai tanggal 8 dan 10 Juni 2019.

    Adapun kuota yang disiapkan mudik gratis dengan kapal tahun ini adalah sebanyak 4.000 sepeda motor dan 8.000 orang penumpang, yang terdiri dari 2.000 sepeda motor dan 4.000 orang penumpang untuk arus mudik, serta 2.000 sepeda motor dan 4.000 orang penumpang untuk arus balik.

    Menurut , Capt. Wisnu,  Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah melakukan berbagai persiapan penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran tahun 2019 (1440 H), termasuk mempersiapkan pelaksanaan mudik gratis dengan kapal bagi pengguna sepeda motor dengan rute Pelabuhan Tanjung Priok – Tanjung Emas Semarang (PP).

    Dalam pelaksanaannya mudik gratis dengan kapal tahun 2019 ini, Direktorat Jenderal Perhubungan menyiapkan 1 (satu) unit kapal penumpang untuk melayani mudik gratis dengan kapal.  

    Adapun 1 (satu) kapal yang disiapkan untuk mudik gratis tersebut berkapasitas penumpang 2000 penumpang dan 1000 sepeda motor untuk satu kali voyage.

    Selain itu,  menurut Capt. Wisnu program Mudik Gratis dengan kapal laut bagi pengendara sepeda motor merupakan salah satu komitmen Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk memberikan pelayanan angkutan lebaran kepada masyarakat khususnya bagi pemudik yang menggunakan sepada motor agar dapat berjalan sampai tujuan masing-masing dengan aman, selamat, tertib dan nyaman.

    Menurut Capt. Wisnu, program mudik gratis ini juga sejalan dengan arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang mengimbau agar para pemudik sepeda motor mengurangi atau tidak menggunakan sepeda motor untuk perjalanan jarak jauh sehingga mudik gratis dengan kapal laut ini bisa menjadi alternatif bagi masyarakat. "Kami mengimbau kepada masyarakat yang akan mudik tahun ini, mulai sekarang untuk bersiap-siap dan manfaatkan kesempatan mudik gratis dengan kapal ini sebaik-baiknya. Mudik dengan kapal laut selain gratis juga lebih aman dan nyaman,” pungkas Capt. Wisnu. (son)