RI-Perancis Kerja Sama Program Keselamatan Penerbangan

    26
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan kembali melanjutkan kerja sama teknis di bidang transportasi udara dengan Pemerintah Perancis yang diwakili oleh The Direction Générale de l’Aviation Civile of the French Republic (French DGAC) di Jakarta, Kamis (4/4).

    Pertemuan bertajuk on 4th Steering Committee Meeting Indonesia- France Technical Cooperation ini merupakan pertemuan lanjutan rapat serupa  terkait kerja sama di bidang keselamatan penerbangan dengan Perancis.  Dari Pemerintah Prancis hadir Director of Asia Pacific Cooperation (DGAC French) Thibaut Lallemand, Technical Cooperation Operation Manager EASA, Raquel Sanz Pascasio, CEO of International Aviation Safety, Patrick Goudou.

    Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B Pramesti dalam sambutannya mengungkapkan, dibutuhkan komitmen dan konsistensi dalam menjaga dan meningkatkan sistem pengawasan dalam penerbangan di Indonsia.

    Polana menyebutkan, program kerja sama ini menitikberatkan pada kualitas pengawasan yang meliputi, coaching program berdasarkan self assessment  meliputi  Quality Management System, Safety Oversight, Performance Based Navigation serta State Safety Programe (SSP). "Inilah gambaran program keselamatan penerbangan internasional yang akan dijalankan antara pemerintah Indonesia- Perancis termasuk dengan Airbus. Saya pribadi sangat percaya bahwa kerja sama ini dapat memberikan manfaat bagi penerbangan Indonesia, terutama peningkatan sistem keselamatan penerbangan,” lanjut Polana

    Tak lupa, Polana mengingatkan pentingnya menjalin komunikasi aktif dan kerja sama yang erat serta kemitraan dengan semua stakeholder industri penerbangan dan komunitas dunia penerbangan.

    Direktur Kelaikudaraan Pengoperasian Pesawat Udara, Capt Avirianto menjelaskan tujuan dilakukan kerja sama  teknis antara Indonesia- Perancis adalah penerapan sistem pengawasan keselamatan penerbangan. "Joint steering committee meeting ini membahas terkait langkah langkah penerapan keselamatan penerbangan dan kerja sama Indonesia Perancis  dalam bidang penerbangan yang akan   menguntungkan bagi masing-masing pihak,” lanjut Avirianto. (son)