Hindari Golput, Ciptakan Pemilu Tanpa Intimidasi

32

JAKARTA (Bisnis Jalarta) – Pemilihan Umum serentak tinggal menunggu waktu. Tak hanya memilih presiden, pada pemilu 17 April besok juga akan memilih anggota DPD, DPRD kota/kabupaten, DPRD provinsi dan DPR RI. Masyarakat diharapkan menggunakan hak pilihnya. “Galang rakyat agar menggunakan hak konstitusionalnya untuk memilih dengan cermat dan tepat, serta hindari adanya golput,” pesan  Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dalam ketetangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (16/4/2019) untuk seluruh simpatisan, anggota dan kader PDI Perjuangan di struktural partai, legislatif, dan eksekutif partai.

Selain itu, Megawati juga meminta para kader PDIP untuk memperjuangkan pemilu serentak nasional 2019, agar terlaksana secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil berdasarkan Demokrasi Pancasila.

“Jagalah TPS  dengan menempatkan saksi partai.untuk pemilihan legislatif, dan saksi pemilihan presiden-wakil presiden dengan mewujudkan rasa aman bagi rakyat untuk memilih, bebas dari intimidasi,” pintanya.

Pukul  O7.00 – 13.00 diingatkan merupakan  periode waktu pendaftaran. Setiap warga negara yang punya hak pilih dilindungi hak konstitusionalnya untuk memilih. Bagi pemilih yang sudah terdaftar, harus  tetap dilayani untuk mempergunakan hak pilihnya walau waktu sudah menunjukkan lewat pukul 13.00.

“Siapapun yang menghalang-halangi penggunaan hak pilih tersebut dikategorikan sebagai pelanggaran pidana pemilu,” tegas Megawati.

Pemilu, lanjutnya adalah manifestasi dari kedaulatan rakyat. Siapapun yang mengganggu jalannya Pemilu harus diproses hukum sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku. (grd)