Teliti Alquran dan Alhadist, Irfan Humaini Raih Gelar Doktor

    279
    DEPOK (Bisnisjakarta)-
    Irfan Humaini, mahasiwa Universitas Gunadarma berhasil meyandang gelar Doktor Teknologi Informasi, gelar tersebut berhak disandangnya setelah ia dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuasakan dalam mempertahankan desrtasinya yang berjudul : Pengembangan Algoritma Cosine Similarity Pada TF-IDF Vector Space Model (VSM) Untuk Mendukung Information Retriev Alquran dan Hadist Terjemahan Bahasa Indonesia. Desertasi terkait Alquran dan Hadist ini berhasil dipertahankannya pada sidang terbuka promosi Doktor Teknologi Informasi di Universitas Gunadarma Kampus J6 Jalan Cikunir Bekasi, Senin (15/4).

    Dijelaskan Irfan Humaini, hasil penelitiannya tersebut akan menghasilkan sebuah aplikasi untuk memudahkan umat Islam dalam mencari sebuah kata dalam Alquran dan Hadist terjemahan bahasa Indonesia dengan menggunakan kata kunci tertentu. "Apilkasi ini akan sangat membantu umat islam, terlebih para dai atau penceramah, karena dengan aplikasi ini akan dengan mudah menemukan sebuah ayat Alquran atau Hadist dengan mengetik kata kunci dan akan ditampilkan ayat atau hadist sesuai dengan kata kunci tersebut, termasuk ayat yang punya makna sama meski berbeda kata,” kata Irfan Humaini.

    Irfan Humaini juga mengatakan saat ini melakukan penelitian terkait Alquran dan Hadist, banyak hal yang ia dapat yang dapat mempertebal keimanan dan menjadikan dirinya semakin tawadu’. "Alquran dan Hadist ini kan menjadi pedoman bagi umat Islam, maka ketika kita dekat dengan Alquran, membaca, memahami dan mengamalkan hidup kita akan tenang, kita akan semakin tawadu’. Semoga dengan aplikasi ini akan memudahkan umat islam dalam memahami Alquran dan Hadist,” tambah Irfan Humaini.

    Irfan Humaini merupakan Doktor Teknologi Informasi lulusan ke-153 lulusan Universitas Gunadarma. Ia menempuh pendidikan program doktor dengan Promotor : Profesor Doktor rer.nat Achmad Benny Mutiara, SSi.,SKom, Ko Promotor : Profesor Doktor Muhammad Said dan Doktor Lily Wulandari, SKom,MMSI. (son)