Ini Sosok Kartini Zaman Now Versi Yayasan El John Indonesia

    394
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Dalam rangka memperingati Hari Kartini, Yayasan El John Indonesia kembali menyelenggarakan El John Kartini Week (EKW) 2019 yang dilangsungkan di Mosaic Walk, Kota Kasablanka Jakarta, 18-21 April 2019. Tema yang diusung di event kedua kalinya ini yakni 'Womenovation'.

    Founder Yayasan El John Indonesia Johnnie Sugiarto mengatakan, EKW 2019 merupakan salah satu agenda rutin Yayasan El John Indonesia yang digelar untuk mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya wanita.

    Diharapkan event ini dapat mengingatkan kembali kepada para wanita akan pentingnya nilai yang ditanamkan seorang ibu Kartini dalam memperjuangkan hak-hak wanita. "Event ini digelar dalam rangka mendorong untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia. Jadi kita membuat event ini agar anak-anak muda ini terus belajar, dan berprestasi," katanya.

    Johnnie menilai, perayaan Hari Kartini kali ini berbeda dengan zaman dulu. Untuk zaman sekarang, perayaannya berkonsep digital, meskipun berbeda namun tujuannya sama yakni bagaimana meningkatkan kualitas sumber daya manusia utamanya wanita untuk berani setara dengan pria, berani berbuat lebih.

    Tokoh Pariwisata Nasional ini mengatakan, EKW 2019 menghadirkan berbagai acara menarik yang digelar selama perhelatan berlangsung. Acara- acara itu yakni Pemilihan Kartini Cilik Indonesia, Pemilihan Putri Kartini Indonesia, Penobatan Ibu Kartini Indonesia, Talk Show bersama Miss Earth Indonesia 2018 Ratu Vashti Annisa, Peragaan Best Evening Gown, Peluncuran Aplikasi El John Media, Parade Gemilang National Costum Wonderful Indonesia, dan Grand Final The Supermodel Indonesia 2019.

    Tokoh Wanita

    Untuk tahun ini, kata Johnnie, penobatan Ibu Kartini Indonesia diberikan kepada tokoh wanita  yang berjasa kepada negeri, yakni Prita Kemal Gani (Founder & Director London School of Public Relation) yang dinobatkan sebagai Ibu Kartini Bidang Pendidikan. Kemudian ada Wiryanti Sukamdani (President at ASEAN Tourism Association) sebagai Ibu Kartini bidang pariwisata. Selain itu, ada Coreta Kapoyos (Ketua Umum Pernik Nusantara) sebagai Ibu Kartini bidang entrepreneurship. Selanjutnya ada Adriana Venny Aryani (Komisioner Komnas Perempuan) sebagai Ibu Kartini bidang sosial aktivis. Dan yang terakhir Damairia Pakpahan  (Direktur Pelaksana Perlindungan Insani Indonesia sebagai Ibu Kartini bidang HAM dan Kemanusiaan.

    Kartini Award ini, kata Johnnie, merupakan sebuah penghargaan yang tidak dipertandingkan, tetapi dipilih oleh tim panitia, memilih tokoh-tokoh wanita Indonesia yang berbuat banyak, apa saja yang sudah diperbuat, sehingga mereka layak diberikan award. "Tentu ini memberikan semangat baru bagi ibu-ibu di seluruh Indonesia, bagaimana caranya, prilaku yang mereka lakukan, jerih payah yang mereka persembahkan buat bangsa ini, sehingga mendapatkan predikat sebagai ibu Kartini zaman now," tambahnya.

    Selain bertabur acara menarik, EKW 2019 juga menghadirkan puluhan booth yang diisi oleh produk-produk lokal berkualitas karya anak bangsa.

    Event ini didukung Kementerian Pariwisata, Pemkab Sawahlunto, Kota Kasablanka, LT Pro Profesional Make Up, Parai Beach & Resort Pacitan, Parai Beach & Resort Sungaliat Bangka, Istana Pool Villas & Spa Parai Bangka, Bluebell Floristry dan Archand Premiun Quality, Fashionable. (son)