Pemilu Berjalan Damai, Rusia Siap Tingkatkan Investasi

    13
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Pemerintah Rusia mengapresiasi pelaksanaan pemilu 2019 yang berjalan sukses dan damai sehingga menganggap kerjasama investasi di Indonesia perlu ditingkatkan. Komitmen tersebut tercapai saat pertemuan Duta Besar Rusia, Lyudmila Georgievna Vorobiev dengan Ketua DPD RI Oesman Sapta OdangĀ  (OSO) di Rumah Dinas Ketua DPD RI, Kuningan, Jakarta (24/4).

    Usai pertemuan Oesman Sapta menjelaskan pertemuan membahas bermacam hal antara lain proses demokrasi Pemilu 2019 yang baru pertama kali diselenggarakan secara serentak di Indonesia, juga investasi negara Rusia di Indonesia.

    Menurut Oesman Sapta, situasi dan kondisi keamanan yang kondusif di Indonesia telah memberi penilaian positif Rusia untuk meningkatkan investasinya. "Mereka sudah merencanakan 25 milar dollar untuk investasi di Indonesia. Ada kereta api, alumunium, dan masalah transport lainnya yang sedang mereka bicarakan," kata Oesman Sapta.

    Selama ini, diakui Oesman Sapta kerjasama RI-Rusia terjalinan baik. Kedepannya kedua belah pihak akan mencari peluang-peluang baru dalam kerja sama investasi kedua negara. "Pertemuan melanjutkan kerja sama kita yang sudah dirintis antara Indonesia dengan Rusia. Dimana kita saling mengkoreksi pekerjaan-pekerjaan yang sudah kita kerjakan agar semakin meningkat rencana-rencana kerja ini. Kita salimg mengingatkan bagaimana kerja sama yang lebih efektif segera disampaikan masing-masing pihak," imbuh Senator asal Provinsi Kalimantan Barat ini.

    Sementara itu, Senior Counsellor Kedutaan Rusia, Veronika Novoseltseva yang mendampingi Dubes Rusia mengatakan Indonesia merupakan negara yang cocok untuk investasi. Kondisi politik pasca pemilu tidak mengganggu iklim investasi di Indonesia. Dirinya menganggap pelaksanaan pemilu di Indonesia berjalan baik dan berlangsung damai. "Dari pemerintah Rusia ada dua orang sebagai observer yang diundang KPU dengan didampingi staf dari Kedutaan Rusia. Kami berkunjung ke beberapa TPS di Jakarta menyaksikan pencoblosan suara. Manurut kami pemilu berlangsung transparan, aman, dan lancar. Kami sangat apresiasi suasana yang sangat akrab, sangat terbuka, toleran, dan kekeluargaan," ucap Veronika. (har)