Prabowo Sebut Buruh Tulang Punggung Bangsa

    12
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menegaskan buruh merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Penegasan disampaikan Prabowo di hadapan puluhan ribu buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) pada peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) Stadion Tennis Indoor, Senayan, Jakarta, Rabu (1/5).
    Dalam orasinya, Prabowo mengatakan para pekerja yaitu buruh, bersama petani dan nelayan, adalah mereka yang menghasilkan produk untuk bangsa dan negara Indonesia. "Karena itu kau pantas kita anggap tulang punggung bangsa Indonesia," sebut Prabowo.
    Iapun menekankan jika ingin kaya maka semua orang termasuk buruh harus berusaha, mengeluarkan keringat dan memakai otak. Kemudian, ia kemudian meyinggung banyak elite yang menindas buruh untuk memperkaya dirinya sendiri. "Kalau menjadi kaya hasil keringat, hasil, otaknya, tidak ada salah. Tapi kalau menjadi kaya karena mencuri dari rakyat, kalau jadi kaya karena mengakali rakyat, karena menipu dan mengemplang hutang milik rakyat, menggunakan anggaran rakyat, itu namanya menghianati rakyat," ujarnya.
    Terkait itu, ia mengaku sudah terlalu sering bersabar dan tidak ingin mencari ribut. Namun, Prabowo juga mengingatkan bahwa sabar juga memiliki batasan, sehingga tidak boleh diremehkan. "Kita selalu sejuk, selalu sabar, sampai titik-titik tertentu. Kalau sampai titik yang sudah tidak masuk akal," tegasnya.

    Pantun Kemenangan

    Disela-sela orasinya, mantan Komandan Jenderal Kopassus ini memberi ucapan selamat kepada buruh yang merayakan Hari Buruh sekaligus berpantun berisi pantun kemenangan Pilpres 2019. "Hari ini 1 Mei 2019 adalah Hari Buruh di seluruh dunia. Saya, Prabowo Subianto, atas nama pribadi dan atas nama seluruh keluarga besar yang berjuang untuk keadilan dan kemakmuran Republik Indonesia, saya mengucapkan selamat Hari Buruh untuk seluruh pekerja di seluruh Indonesia," ujar Prabowo.
    Prabowo kemudian melempar pantun. "Di sini gunung di sana gunung, di tengah-tengah Pulau Bali. Saudara-saudara jangan pernah bingung, yang pasti menang Prabowo-Sandi," tutur Prabowo disambut tepuk tangan ribuan massa buruh.
    Prabowo kembali berpantun. Kali ini seputar kebenaran dan kemenangannya di Pilpres 2019. "Ada lagi. Satu dua cempaka biru, tiga empat dalam jambangan. Percayalah yang bela kebenaran, dia yang akan dapat kemenangan," katanya.
    Setelah itu, Prabowo kembali melempar pantun ketiga. Ia menyebut mereka yang curang berakhlak seperti lutung. "Satu lagi. Rawe-rawe rantas malang-malang putung. Mereka yang curang akhlaknya seperti lutung," kata Prabowo.
    Berbeda dengan organisasi buruh lainnya, KSPI menggelar aksi peringatan hari buruh dengan cara rapat akbar di Lapangan Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (1/5/2019) yang dimulai sekitar pukul 10.30 WIB.
    Pada May Day 2019 ini, para buruh yang tergabung dalam KSPI juga tidak menggelar longmarch ke Istana Merdeka, Jalan Merdeka Utara ataupun di sekitaran Monumen Nasional. (har)