RI-Belanda Sepakat Pererat Hubungan Bidang Transportasi

    27
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mewakili Pemerintah Indonesia menghadiri dan memberikan sambutan pada acara Kingdom Of The Netherlands (King’s Day) atau peringatan hari ulang tahun Raja Belanda. Dalam sambutannya Menteri Budi mengatakan kedua negara sepakat mempererat hubungan bilateral kedua negara, khususnya di bidang transportasi.

    "Pada Forum Maritim Bilateral Ketiga antara Indonesia dan Belanda  pada bulan Februari 2019 lalu, kedua negara sepakat untuk meningkatkan kerja sama yang efektif di bidang pelatihan kejuruan di bidang transportasi, pembuatan kapal, pengembangan pelabuhan dan bidang operasional lainnya," ujar Menhub di Pusat Kebudayaan Belanda di Jakarta, Selasa (30/4).

    Menhub Budi menuturkan, Indonesia dan Belanda memiliki latar belakang dan sejarah yang unik, hal tersebutlah yang membuat kedua negara ini semakin erat dan dinamis. Bukan hanya dibidang transportasi, kerjasama Indonesia dengan Belanda juga dilakukan di bidang perdagangan, investasi, infrasturktur, pertanian, maritim, pendidikan dan pariwisata. 

    Menhub menyatakan dirinya sangat senang dapat hadir dalam acara King’s Day. Dirinya juga menyinggung perihal pemilihan umum secara serentak di Indonesia yang baru saja dilaksanakan, dan ternyata Belanda juga baru selesai mengadakan pemilihan kepala daerah dan berjalan damai. "Sebagai mitra dekat dan teman Belanda, kami mengikuti setiap proses demokrasi dan situasi politik di negara anda, termasuk pemilihan kepala daerah baru-baru ini. Sama seperti Belanda, tahun ini, Indonesia juga melakukan pemilihan umum. Tahun ini istimewa, karena kita dapat menyelenggarakan pemilihan presiden nasional, serta pemilihan anggota parlemen baik daerah maupun nasional secara serentak," tutur Menhub. 

    Akhir sambutannya Menhub mengajak agar Indonesia – Belanda dapat mengeksplore setiap potensi yang dimiliki oleh kedua negara. Serta meningkatkan hubungan bilateral Indonesia-Belanda. "Mari kita berdua terus mengeksplorasi setiap potensi yang ada, untuk membuat kemitraan kita ditingkatkan  dan diperdalam," tandas Menhub. (son)