AirAsia Resmikan Hub di Lombok

    22
    LOMBOK (Bisnisjakarta)-
    AirAsia meresmikan pusat operasi (hub) terbarunya di Lombok, NTB, Kamis (2/5). Peresmian hub Lombok ini merupakan bagian dari upaya berkesinambungan AirAsia dalam mendukung inisiatif Pemerintah dan Kementerian Pariwisata untuk menyukseskan Lombok sebagai salah satu dari ‘10 Bali Baru’.

    Dalam peresmian tersebut, AirAsia sekaligus meluncurkan livery pesawat dengan desain yang didedikasikan guna mendukung promosi pariwisata Lombok. Desain livery istimewa ini menampilkan ikon-ikon pariwisata lokal, seperti Gunung Rinjani yang megah serta pesona bawah laut kepulauan Gili.

    Pesawat Airbus A320 berkode registrasi PK-AXU ini akan melayani rute penerbangan langsung terbaru dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok menuju Perth, Australia mulai 9 Juni 2019, serta beberapa rute domestik yang rencananya akan segera beroperasi, yaitu ke Jakarta, Yogyakarta, dan Bali.

    Menpar Arief Yahya menyampaikan terima kasih kepada AirAsia yang sudah menjadikan Bandara Internasional Lombok sebagai hub dan juga membantu promosi Wonderful Indonesia dengan livery yang sangat istimewa. Dalam mengembangkan destinasi pariwisata, saya selalu menggunakan rumus 3A: Atraksi, Akses, Amenitas. Apa yang dilakukan AirAsia sudah sejalan dengan program tersebut, terutama Akses udara.

    Dirjen Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan  Polana B. Pramesti menyatakan apresiasi terhadap peresmian hub yang berlokasi di Lombok. "Diresmikannya hub AirAsia Indonesia di Lombok merupakan hal positif, apalagi ini membawa misi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Namun yang harus diperhatikan adalah maskapai wajib untuk tetap mengutamakan keselamatan, keamanan, pelayanan serta kepatuhan terhadap peraturan penerbangan yang berlaku," tutur Polana.

    Dirut AirAsia Indonesia, Dendy Kurniawan menyatakan sangat senang akhirnya dapat meresmikan hub terbaru AirAsia di Lombok, destinasi dengan beragam pesona wisata yang memiliki tempat spesial di hati masyarakat luas. Peresmian hari ini tidak hanya menandai berkembangnya konektivitas internasional dan domestik dari pulau ini, namun juga turut menciptakan peluang kerja bagi masyarakat setempat, mendorong pertumbuhan pariwisata dan ekonomi pengunjung.

    AirAsia juga akan meluncurkan serangkaian inisiatif pariwisata berkelanjutan yang menyusul upaya yang telah dimulai oleh sayap sosial kami, AirAsia Foundation, yang telah bekerja sama dengan komunitas untuk mendirikan rumah tinggal sementara serta membangun kembali kawasan tempat tinggal penduduk pasca gempa.

    Dendy menambahkan, berdasarkan data acuan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Grup AirAsia tetap menjadi maskapai yang mendatangkan wisatawan mancanegara ke tanah air terbanyak dengan jumlah sekitar 3,2 juta kunjungan wisman atau sebesar 25% dari keseluruhannya sepanjang 2018. Dengan penempatan dua pesawat di hub Lombok, langkah strategis ini semakin menegaskan komitmen AirAsia untuk terus mendukung pariwisata Indonesia, khususnya Lombok sebagai bagian dari 10 Bali Baru. Kami juga berharap dengan livery ‘I Love Lombok’ ini, semakin banyak lagi orang yang jatuh cinta dengan Lombok sepulangnya dari rumah baru kami ini.”

    Lombok merupakan hub kelima AirAsia di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Medan dan Bali. AirAsia telah menghubungkan langsung Lombok dengan Kuala Lumpur, Malaysia sejak 2012 dan membawa lebih dari satu juta wisman sejak penerbangan perdananya. (son)