OJK Inisiasi Program Inklusi Keuangan Simpanan Pelajar

    21
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    PT Bank Maybank Indonesia (Maybank Indonesia) mendukung program inklusi keuangan Simpanan Pelajar (SimPel/SimPel iB), yang diprakarsai Otoritas Jasa Keuangan bersama industri perbankan dan kementerian atau lembaga terkait melalui kegiatan SimPel Day 2019 yang dipusatkan di Jakarta, Kamis (2/5).

    Dengan mengambil momentum Hari Pendidikan Nasional, SimPel Day 2019 mengangkat tema Mewujudkan Generasi Pelajar Cerdas dan Gemar Menabung dantagline Aku Pelajar, Aku Generasi SimPel. Pada kegiatan ini juga dilakukan deklarasi Ikrar Aksi Pelajar Indonesia Menabung secara serentak di seluruh wilayah Indonesia, sebagai simbol komitmen dan semangat para pelajar untuk melaksanakan budaya menabung sejak dini.

    Pada SimPel Day 2019, Maybank Indonesia mendukung pengiriman 30 pelajar SD untuk berpartisipasi pada kegiatan yang mempertandingkan tiga kompetisi, yakni Ranking 1, SimPel Vlog dan SimPel Dance Competition.

    Untuk mewujudkan dukungan nyata dalam Program Inklusi Keuangan SimPel Day 2019, Maybank Indonesia melalui 10 Mobil Kas Keliling (MKK) dari Kantor Regional Maybank Indonesia bergerak secara proaktif ke sekolah-sekolah, melakukan jemput bola, untuk melayani pembukaan Tabungan Simpanan Pelajar.

    Tabungan Simpanan Pelajar adalah tabungan yang ditujukan khusus untuk pelajar mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga SMA, dengan setoran awal mulai dari Rp1,000 (SimPel iB) dan Rp5,000 (SimPel).

    Di samping melayani pembukaan Tabungan SimPel, kehadiran MKK yang dilengkapi dengan mini banking dan fasilitas mesin ATM dapat menjadi wahana tersendiri untuk melakukan program inklusi keuangan, khususnya dalam memperkenalkan dunia perbankan kepada pelajar sekolah.

    Head Syariah CFS Maybank Indonesia, Dandy Suprandono mengatakan, dukungan terhadap Program Inklusi Keuangan SimPel Day 2019 merupakan wujud nyata dari komitmen Maybank Indonesia untuk selalu berada di tengah komunitas, khususnya di bidang pendidikan, serta menjadi bagian dari upaya memberikan kontribusi positif dalam menanamkan pengetahuan perbankan dan mendorong budaya menabung sejak dini sekaligus pemberdayaan generasi muda.

    Melalui kegiatan SimPel Day, diharapkan dapat memberikan dampak yang positif khususnya dalam perluasan akses keuangan bagi pelajar diseluruh Indonesia serta mendukung pencapaian target tingkat inklusi keuangan sebesar 75% pada akhir 2019 sebagaimana tercantum pada Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI). (son)