Kemenhub Tambah Jadwal Kapal Mudik Gratis

    25
    ​JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Melihat tingginya jumlah partisipasi masyarakat yang ikut program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut yang digagas oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, kini telah hadir jadwal baru untuk satu kali keberangkatan (voyage) arus mudik dan satu kali voyage arus balik sehingga melengkapi jadwal mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut yang sudah ada sebelumnya. "Jadwal kapal untuk arus mudik sepeda  motor dengan kapal laut dengan rute Jakarta – Semarang semula adalah 30 Mei dan 1 Juni 2019 yang saat ini sudah terisi penuh kuotanya. Melihat hal tersebut, Pemerintah membuka 1 voyage lagi dengan kapal dan rute yang sama pada tanggal 3 Juni 2019," ujar Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Wisnu Handoko di Jakarta, Rabu (8/5).

    Begitu pula dengan jadwal kapal mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut untuk arus balik dari Semarang – Jakarta yang semula pada tanggal 8  dan 10 Juni 2019 kini ditambah 1 voyage lagi di tanggal 12 Juni 2019. "Adanya tambahan jadwal tersebut dengan kapal dan jumlah angkut yang sama menjadikan total kuota secara keseluruhan untuk sepeda motor menjadi 6.000 unit dan 12.000 penumpang," ujar Capt. Wisnu.

    Menurut Capt. Wisnu program Mudik Gratis dengan kapal laut bagi pengendara sepeda motor merupakan salah satu komitmen Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk memberikan pelayanan angkutan lebaran kepada masyarakat khususnya bagi pemudik yang menggunakan sepada motor agar dapat berjalan sampai tujuan masing-masing dengan aman, selamat, tertib dan nyaman.

    Menurut Capt. Wisnu, program mudik gratis ini juga sejalan dengan arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang mengimbau agar para pemudik sepeda motor mengurangi atau tidak menggunakan sepeda motor untuk perjalanan jarak jauh sehingga mudik gratis dengan kapal laut ini bisa menjadi alternatif bagi masyarakat.

    Sementara itu Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Emas, Ahmad Wahid mengatakan bahwa Pelabuhan Tanjung Emas Semarang siap menerima kedatangan para pemudik yang akan menggunakan kapal laut khususnya mudik gratis sepeda motor.

    Ahmad mengatakan bahwa pilihan menggunakan kapal laut untuk masyarakat yang akan mudik dengan sepeda motor ke kota Semarang dan sekitarnya atau untuk melanjutkan perjalanan ke kota lainnya adalah pilihan yang bijak karena ikut mendukung program pemerintah untuk mengurangi beban kepadatan jalan raya selama arus mudik. "Pelabuhan Tanjung Emas siap melayani mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut. Kami juga mengimbau agar pemudik motor tidak membawa barang yang berlebihan karena selain berbahaya bagi pemudik saat berkendara juga menyebabkan pengaturan di kapal menjadi lebih lama," tutup Ahmad. (son)