113 Kapal Perintis Siap Layani Angkutan Lebaran

    11
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-

    Sebanyak 113 kapal perintis dioptimalkan oleh Kementerian Perhubungan cq. Ditjen Perhubungan Laut untuk mendukung angkutan Laut Lebaran 2019, untuk memastikan kelancaran arus mudik para penumpang dalam merayakan hari  Raya Idul Fitri 1440 H di kampung halamannya. "Sebanyak 113 kapal perintis disiapkan untuk mendukung penyelenggaraan angkutan laut Lebaran tahun 2019 ini,” kata Capt. Budi Mantoro, Kasubdit Angkutan Laut Dalam Negeri, Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut di Jakarta, Senin (27/5).

    Menurut Capt. Budi, untuk daerah-daerah yang terjadi lonjakan penumpang, maka dari 113 kapal perintis tersebut, akan ditarik sebagian untuk membantu kelancaran para penumpang di wilayah itu. “Semua kapal perintis dilibatkan dalam angkutan Lebaran. Namun, ada beberapa kapal perintis yang kita perbantukan di daerah yang lonjakan penumpangnya di daerah-daerah cenderung tinggi seperti Propinsi Jawa Timur,” ujarnya.

    Kemenhub memperkirakan, puncak arus mudik angkutan laut Lebaran 2019 jatuh pada 1 Juni, sedangkan puncak arus balik 8 Juni. “Kapal perintis cadangan juga akan dioperasikan untuk pelabuhan dan daerah yang diprediksi mengalami lonjakan penumpang tinggi,” katanya.

    Kemenhub juga memperkirakan jumlah penumpang angkutan laut mencapai 1,9 juta, naik 4,8%. Sedangkan jumlah armada total 1.293 unit dengan kapasitas angkut 3,4 juta orang. :Armada itu terdiri atas kapal Pelni, kapal perintis, kapal swasta, dan kapal perintis cadangan atau pengganti," tutup Capt. Budi. (son)