Presiden Sampaikan Belasungkawa untuk Almarhum Sutopo

    10
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Ucapan bela sungkawa disampaikan para tokoh nasional atas meninggalnya Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi).

    Sutopo diketahui meninggal dunia sekitar pukul 02.20 waktu setempat atau sekitar pukul 01.20 WIB dini hari, Minggu (7/7). Sutopo telah menjalani perawatan di Rumah Sakit Kanker St. Stamford Modern, Guangzhou, Cina, sejak 15 Juni 2019.

    Sosok Sutopo yang dikenal sederhana dan menjadi perhatian banyak pihak setiap kali ada bencana alam di Indonesia, membuat banyak orang yang berduka cita, termasuki Presiden RI Joko Widodo. “Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Turut berduka atas berpulangnya ke Rahmatullah, Bapak Sutopo Purwo Nugroho di Guangzhou, menjelang dini hari tadi,” tulis Presiden Jokowi di akun media sosialnya.

    Ucapan bela sungkawa disampaikan Jokowi melalui akun instagramnya @jokowi. Dalam unggahannya itu, Jokowi menyertakan  foto dirinya bersama Sutopo di Istana Bogor pada Oktober 2018 lalu.

    Sutopo diundang langsung oleh Jokowi setelah menceritakan keinginannya bersalaman langsung dengan Jokowi. Jokowi menjelaskan  sosok Sutopo yang dikenalnya merupakan sosok yang berdedikasi tinggi untuk kemanusiaan. “Almarhum Pak Sutopo Purwo Nugroho adalah seorang yang hidupnya didedikasikan untuk orang banyak," ucap Jokowi.

    Bahkan, hingga  sampai menjelang akhir hayatnya, Sutopo masih mengabarkan secara cepat kejadian bencana alam gempa bumi, longsor, tsunami, atau kebakaran yang terjadi di pelosok negeri agar kita waspada dan tidak kebingungan. “Selamat jalan, Pak Sutopo. Semoga amal ibadahmu diterima di sisi Allah SWT, dan keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan kesabaran. Amin ya rabbal alamin.”

    Jokowi juga mengutip kata-kata yang pernah disampaikan oleh Sutopo. Suatu ketika Sutopo pernah menyampaikan bahwa 'Hidup itu bukan soal panjang pendeknya usia, tapi seberapa besar kita dapat membantu orang lain'. "Dan ia (Sutopo) mengamalkan kalimat itu dengan baik," ucap Jokowi.

    Atas permintaan  orang tua, almarhum  Sutopo akan dimakamkan di kampung halamannya di Boyolali, Jawa Tengah. (har)