Gelar Rakernas, ASPAKI Siap Penuhi Kebutuhan Alat Kesehatan Nasional

102

JAKARTA (Bisnis Jakarta) РAsosiasi Produsen Alat Kesehatan Indonesia (ASPAKI) menyelenggarakan Rakernas I sebagai amanat musyarawah nasional yang dilakukan pada  2017 lalu. Acara ini diadakan di Jakarta dan dihadiri oleh 106 perwakilan dari 54 perusahaan anggota ASPAKI, serta undangan dari berbagai pemangku kepentingan industri alkes Indonesia.

Salah satu pembicara, Ir. Zakiyudin, M.A., Direktur ILMATE Kementerian Perindustrian RI menyampaikan agar industri alat kesehatan  sanggup memenuhi delivery time sesuai kewajaran waktu produksi dan supply.

Ade Tarya selaku ketua ASPAKI menambahkan¬† Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) merupakan sarana untuk memproteksi pasar alat kesehatan dalam negeri dan memandang perlu untuk diadakannya TKDN khusus untuk industri alat kesehatan. Dengan batasan khusus TKDN untuk berbagai kategori alat kesehatan dan insentif khusus untuk biaya assesment TKDN sehingga tidak memberatkan industri. Dari kapasitas produksi industri alat kesehatan Indonesia, Ade Tarya yakin dan optimis ASPAKI dapat memenuhi kebutuhan alat kesehatan Indonesia, yang secara strategis sangat penting terutama dalam era JKN ini. “Walapun saat ini, produk alat kesehatan impor masih mendominasi pasar alkes indonesia dengan pangsa pasar sekitar 90% dari kebutuhan alat kesehatan Indonesia,” sebutnya.

Rakernas I ASPAKI 2019 yang berlangsung pada 19 Juli 2019 juga dihadiri dari Kementerian Kesehatan RI, Kementerian Perindustrian RI, Kementerian Perdagangan RI, Badan Standarisasi Nasional (BSN), PERSI dan Gakeslab. (grd)