TCOF Season 4, Tampilkan 16 Event Unggulan

    19
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Setelah sukses pada penyelenggaraan tahun lalu, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung (Babel) kembali menggelar event unggulan Toboali City On Fire (TCOF) Season 4 yang akan berlangsung di Toboali, Bangka Selatan, 25 -28 Juli  2019

    TCOF Season 4  akan menampilkan 16 event unggulan yang memadukan festival budaya, event pariwisata, dan event olahraga.
      
    Menpar Arief Yahya mengapresiasi, pelaksaan TCOF yang penyelenggaraannya memasuki tahun keempat dan tahun ini masuk dalam Calender of Event (CoE) 2019.  “Event TCOF Season 4 ini sudah dikurasi oleh Tim CoE Kemenpar dan telah memenuhi unsur 5 C; Creative value, Commercial value, Communication Value, CEO Commitment serta Consistency,”  kata Menpar Arief Yahya didampingi Gubernur Babel H. Erzaldi Rusman dan Bupati Bangka Selatan H. Justiar Noer dalam acara Launching TCOF Season 4 Tahun 2019  di Jakarta, Rabu, (17/7).

    Menpar menyatakan, CEO Commitment kepala daerah (gubernur/walikota/bupati) menjadi unsur penting dalam mengembangkan pariwisata karena 50% keberhasilan pariwisata di daerah ditentukan oleh komitmen tersebut. Gubernur Babel dan Bupati Kabupaten Bangka Selatan telah membuktikan komitmennya dalam membangun sektor pariwisata sehingga kemajuan telah dicapai di antaranya Tanjung Kelayang, Belitung ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai satu di antara 10 destinasi pariwisata prioritas atau Bali Baru  serta Kabupaten Bangka Selatan memiliki Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Gunung yang jaraknya hanya 7 kilo meter dari Bandara Depati Amir Bangka dikembangkan sebagai fasilitas MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) serta lapangan golf.

    Gubernur H. Erzaldi Rusman menjelaskan, pariwisata Babel sangat beruntung kini memiliki 3 event unggulan yang masuk dalam 100 CoE WI 2019, yang sebelumnya  hanya 2 event Bangka Cultural Wave Festival (Coming Home Celebration) yang berlangsung di Sungailiat dan Festival Tanjung Kelayang di Belitung, tahun ini bertambah satu event TCOF Season 4  akan berlangsung di Toboali, Kabupaten Bangka Selatan.

    Ketiga event unggulan (CoE ) ini, menurut H. Erzaldi Rusman, menjadi sarana promosi yang efektif dalam mendatangkan wisatawan (wisman dan wisnus) ke Bangka dan Belitung.
    Bupati Bangka Selatan H. Justiar Noer mengatakan, tujuan diselenggarakannnya TCOF Season 4 antara lain untuk menyadarkan masyarakat Bangka Selatan agar tidak hanya mengandalkan dari timah sebagai basis utama perekonomian, namun bertransformasi ke sektor pariwisata yang terbukti mensejahterakan masyarakat dengan melestarikan alam dan budaya.

    Penyelenggaraan TCOF Season 4, menurut H. Justiar Noer, berlangsung selama 4 hari menampilkan 16 acara yang memadukan festival budaya, event pariwisata,  dan event olahraga.  Acara dibuka pada malam hari. Hari pertama  dimulai dengan parade budaya, Toboali Photo Competition, Pameran foto, Ritual Adat Buang Jung berupa melepaskan perahu ke laut. Hari kedua dilanjutkan dengan Food Vlog Competition, Toboali Expo 2019. 

    Hari ketiga menampilkan acara Toboali Food Street Festival, Zumba Party, Habang Band Festival dan Bikepacker Tour de Habang. Pada hari keempat atau hari terakhir dilaksanakan Famtrip, Ngalak Telok Serujo 2019, Fashion Carnival,  dan malam puncak menampikan artis-artis ibukota.

    Launching El-Jhon TV

    Sementara itu di tempat yang sama Menpar Arief Yahya didampingi Johnnie Sugiarto (owner)  me-launching El-Jhon TV sebagai TV yang fokus pada pariwisata, bisnis, dan investasi. “El Jhon TV pertama dan satu-satunya televisi pariwisata Indonesia yang didirikan sejak tahun 2007 di bawah PT El John Star Vision,” kata Johnnie Sugiarto.

    Ia menjelaskan, El Jhon TV  sebagai televisi berbasis  streaming yang disiarkan melalui  multi platform  digital sehingga bisa diakses melalui berbagai aplikasi digital seperti Android, IoS, dan satelit Ku-Band yang terpancar ke seluruh wilayah Indonesia selama 24 jam dengan mudah dan gratis. “Selain itu El Jhon TV juga dapat diakses melalui aplikasi KUGO yang dapat di-download secara gratis pada Play Store dan APP Store,” kata Johnnie Sugiarto. (son)