Jokowi Persilahkan Putranya Maju Pilkada Solo

    11
    JAKARTA  (Bisnisjakarta)- 

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sudah mengetahui hasil survei yang menempatkan putranya Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep masuk dalam bursa Pemilihan Wali Kota Surakarta (Solo) periode 2020-2025. "Mereka ini anak-anak mandiri. Mau bisnis ya silakan, mau jualan pisang silakan, jualan martabak silakan, saya enggak pernah melarang. Mau di politik juga silakan,” ucap Jokowi saat pembubaran Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf di Restoran Seribu Rasa, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (26/7).

    Jokowi mengatakan sebagai orang tua ia mempersilahkan anak-anaknya menentukan pilihan, apakah tetap menjadi pengusaha atau terjun ke dunia politik. "Orang tua bisanya hanya itu (mendukung). Kalau sudah diputuskan anak-anak, ya apapun (termasuk terjun ke dunia politik). Jualan pisang saya dukung jualan martabak saya dukung," kata Jokowi.

    Jokowi menegaskan pilihan terjun ke dunia politik sepenuhnya diserahkan kepada anak-anaknya. Sejauh ini, Jokowi mengaku belim mengetahui sikap anak-anaknya tersebut  terutama putra sulungnya Gibran Rakabuming yang persentase elektabilitasnya tinggi. ”Enggak tahu saya, tanyakan saja ke anaknya langsung," ujar Jokowi.

    Untuk diketahui survei calon wali kota Solo dilakukan Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta. Survei yang memunculkan dua putra Jokowi itu dilakukan di 96 titik lokasi dengan delapan responden di masing-masing titik.

    Ketua Laboratorium Kebijakan Publik Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta Suwardi  mengatakan Jumlah total kuesioner yang kami sebarkan ada 768. Tetapi, dua kuesioner tidak bisa dianalisis sehingga dibuang. Sehingga ada 766 yang diuji sampel dengan margin error 4 persen. Survei tersebut menguji tiga kategori, yaitu popularitas, akseptabilitas, dan elektabilitas. Dari kategori popularitas, nama Gibran muncul dengan angka popularitas tertinggi. (har)