BPK-SAI Polandia Sepakat Tingkatkan Hubungan Bilateral

    10
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Wakil Ketua BPK Bahrullah Akbar melakukan kunjungan kerja dalam rangka meningkatkan hubungan bilateral dengan State Auditor Institutions (SAI) Polandia, 8 – 9 Juli 2019.

    Mengawali kunjungannya, Bahrullah melakukan courtesy call kepada Presiden NajwyzszaIzba Kontroli (NIK) Krzysztof Kwiatkowski, sekaligus melakukan office tour, didampingi Kwiatkowski, yang menjelaskan mengenai sejarah NIK dan struktur organisasinya. Pertemuan dilanjutkan dengan pembahasan draf hasil peer review terhadap BPK tahun 2019 dengan ketua tim Piotr Prokopczyk.

    Peer review ini telah dilakukan secara joint team oleh tiga SAI yaitu NIK Poland, Riksrevisjonen Norway, dan Riigikontroll Estonia. Peer review dilaksanakan sesuai dengan ketentuan UU Nomor 15 Tahun 2006 tentang BPK dan Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN) 2017 yang menyatakan bahwa peer review dilakukan sekurang-kurangnya sekali dalam lima tahun guna menjamin mutu pemeriksaan, pengelolaan dan tanggung jawab keuangan oleh BPK telah sesuai dengan standar.

    Pertemuan juga diisi dengan seminar yang membahas legal service for audit matters dan internal control standards. Delegasi BPK mendapat masukan antara lain mengenai system kolegial pengambilan keputusan perencanaan, akses informasi pemeriksa, mekanisme penjaminan mutu berjenjang sebelum laporan pemeriksaan final ditandatangani oleh Ketua, termasuk publikasi rencana kerja dan hasil pemeriksaan

    Pada kegiatan berikutnya,  Wakil Ketua BPK RI mengunjungi

    Saat mengunjungi Kantor Perwakilan (NIK regional branch) wilayah Krakow, Bahrullah diterima Head of regional branch of Krakow. Delegasi BPK mendapat penjelasan mengenai pengalaman regional branch Krakow dalam audit manajemen polusi udara, termasuk menjadi koordinator joint audit untuk topik yang sama dalam wadah EUROSAI WGEA.

    Rangkaian pertemuan bertujuan menyamakan persepsi dan komitmen sinergi dalam rangka mendukung peran BPK mempromosikan tata kelola yang baik, transparansi dan akuntabilitas keuangan sektor publik di lingkup nasional, regional maupun internasional.

    Dalam kunjungan ini, Bahrullah didampingi Inspektur Pemeriksaan Internal dan Mutu Kelembagaan Maulana Ginting, Kepala Bagian Kerjasama Internasional Wahyudi, Kepala Subdirektorat Pengembangan Hukum Sarmauli Marpaung, dan Kepala Bidang Pemeriksaan Internal dan Mutu Kelembagaan, Sainem. (son)