DENPASAR (Bisnis Jakarta) – Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengingatkan PDI Perjuangan bukan hanya untuk mencari jalan perubahan menuju perbaikan lahir.  Partai ini tak sekadar mencari “naiknya semangat”, namun perubahan yang lahir setiap waktu bisa luntur, dan semangat setiap saat bisa luntur.

“Berupayalah menemukan satu jalan perubahan yang lebih dalam daripada itu. Temukan jalan perubahan untuk menyongsong regenerasi di internal bangsa maupun global. Untuk itu semua, Tiga Pilar Partai harus mampu mengukuhkan kristalisasi kesadaran politik ideologis yang sedalam-dalamnya,” ujar Mega dalam Kongres V Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), di Denpasar Bali, Kamis (8/8).

Kristalisasi kesadaran ideologis tersebut dibutuhkan untuk menjadikan PDI Perjuangan sebagi partai pelopor. PDI Perjuangan menurutnya, harus menjadi partai yang memiliki satu kedisiplinan penuh, satu disiplin ideologi, satu disiplin teori, satu disiplin tindakan dan satu disiplin gerakan. Dengan kata lain, PDI Perjuangan harus menjadi satu partai ideologis yang solid.

“Jika kita tidak solid, kita pasti akan kalah. Tetapi jika kita solid, setengah pertarungan politik telah kita menangkan dari awal. Solid bergerak sebagai partai yang berideologi Pancasila,” tandasnya. (grd)