IPC Serahkan Ratusan Hewan Qurban

    0
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah, PT Pelabuhan Indonesia II/IPC melalui IPC Group menyalurkan ratusan hewan qurban untuk tenaga kerja bongkar muat di pelabuhan serta masyarakat yang tinggal di sekitar area pelabuhan.

    Hewan-hewan qurban itu diserahkan kepada perwakilan pengurus masjid yang nantinya akan menyelenggarakan pemotongan hewan qurban, untuk selanjutnya didistribusikan kepada masyarakat yang berhak.

    Direktur SDM IPC, Rizal Ariansyah di sela-sela penyerahan hewan qurban, yang dilakukan secara simbolik di halaman Masjid Khodamuttaqwa, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (10/8) mengatakan, bagi umat muslim, Qurban merupakan ibadah yang diajarkan Nabi Ibrahim sebagai wujud kepatuhan atas perintah Tuhan. "Dengan ber-qurban, kita juga membangun solidaritas terhadap sesama manusia,” kata Rizal.

    Khusus di Pelabuhan Tanjung Priok dan Sunda Kelapa, IPC menyerahkan 83 ekor sapi kepada beberapa pengurus masjid yang berada di sekitar area pelabuhan. Penyerahan hewan qurban juga dilakukan di seluruh pelabuhan Kantor Cabang IPC dan Kantor Anak Perusahaan IPC. Total hewan qurban yang diserahkan terdiri dari 245 ekor sapi dan 21 ekor kambing.

    Rizal menjelaskan, penyaluran hewan qurban untuk masyarakat yang tinggal di sekitar area pelabuhan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun. Kegiatan ini juga merupakan wujud program ‘BUMN Hadir untuk Negeri’, yang manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat sekitar. "Tentu masyarakat yang dimaksud adalah masyarakat yang lebih membutuhkan dan lebih berhak. Pendistribusiannya dilakukan oleh para pengurus mesjid, yang bekerja sama warga setempat,” jelasnya.

    Seperti tahun-tahun sebelumnya, sebagian pengadaan hewan-hewan qurban di lingkungan IPC dilakukan atas kerja sama dengan PT Berdikari, perusahaan BUMN yang fokus bergerak di bidang peternakan. PT Berdikari menjamin hewan qurban untuk warga tersebut berkualitas tinggi dan dilengkapi sertifikat keterangan sehat dan halal. "Kerja sama ini juga bentuk dari Sinergi BUMN,” tambah Rizal. (son)