Seleksi Capim KPK, I Nyoman Wara Masih Bertahan

    51
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Panitia seleksi (Pansel) calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (capim KPK) sudah menetapkan 20 nama yang lolos ke tahap uji publik dan wawancara. ke 20 nama capim KPK itu merupakan hasil seleksi dari 40 calon.

    Dari 20 nama itu, hanya ada satu berlatarbelakang auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, I Wayan Wara. Saat ini, Wayan Wara merupakan auditor I BPK RI. "Dari 40 orang peserta capim yang mengikuti profile assessment, dinyatakan lulus sebanyak 20 orang," ucap Ketua Pansel Capim KPK Yenti Garnasih di Jakarta, Jumat (23/8).

    Pansel masih akan menyeleksi calon pimpinan KPK hingga menjadi 10 calon untuk diajukan ke DPR menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).

    Dua puluh orang yang lolos itu, terdiri dari 17 laki-laki dan 3 perempuan. Peserta seleksi yang dinyatakan lulus profile assessment ini wajib mengikuti seleksi tahap berikutnya.

    Pada Senin, 26 Agustus mendatang, 20 orang itu akan menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto. Setelah itu akan mengikuti wawancara dan uji publik pada 27-29 Agustus 2019.

    Mereka yang lolos dari lingkungan KPK antara lain, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata serta pegawai KPK Sujarnako.

    Kemudian, mereka yang berasal dari Polri yakni Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal (Wakabareskrim) Irjen Antam Novambar, Kapolda Sumatera Selatan Irjen Firli Bahuri, Wakapolda Kalimantan Barat Brigjen Sri Handayani, serta Widyaiswara Madya Sespim Lemdiklat Polri Brigjen Sri Herwanto. Mereka yang berasal dari lingkungan Kejaksaan adalah Johanis Tanak, Sugeng Purnomo, dan Supardi.

    Kemudian, auditor BPK I Nyoman Wara. Dari advokat Lili Pintauli Siregar, dari pensiunan jaksa Jasman Pandjaitan, hakim Nawawi Pomolango, dosen Luthfi Jayadi Kurniawan, dosen Neneng Euis Fatimah dan dosen Nurul Ghufron.

    Lalu, PNS Sekretaris Kabinet Roby Arya, PNS Kementerian Keuangan Sigit Danang Joyo, Penasihat Menteri Desa PDT dan Transmigrasi Jimmy Muhamad Rifai Gani serta Karyawan BUMN Cahyo RE Wibowo. "Peserta yang dinyatakan lulus juga akan diumumkan melalui website Kemensetneg," tegas Yenti. (har)