Puluhan Milenial Bersaing Untuk Gelar Putri Pariwisata dan Putra Putri Pariwisata Nusantara

    54
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Para finalis Putri Pariwisata Indonesia 2019 dan Putra Putri Pariwisata Nusantara 2019 bertemu dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya sebagai tahapan masa karantina. Pertemuan tersebut dikemas dalam acara Welcome Dinner di Kemenpar Jakarta, Senin (2/9).

    Acara ini dihadiri antara lain Founder Yayasan El John Indonesia Johnnie Sugiarto, Ketua Pelaksana Calendar of Event (CoE) 2019 Kemenpar Esthy Reko Astuti, Putri Pariwisata Indonesia 2018 Gabrielle Patricia Mandolang dan pemenang Putra Putri Pariwisata Nusantara 2018 yakni Arya Purnama dan Ni Wayan Ika Mahayani.

    Kali ini, tema yang diusung untuk pemilihan Putri Pariwisata Indonesia bertajuk Celebrating Wonderful Indonesia, sementara untuk pemilihan Putra Putri Nusantara 2019, tema yang diangkat yakni The Young Milenials Generation of Tourism.

    Founder Yayasan El John Indonesia Johnnie Sugiarto mengucapkan terima kasih kepada Menpar Arief Yahya yang telah memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan Putri Pariwisata Indonesia 2019 dan Putra Putri Pariwisata Nusantara 2019.

    Tahun ini, kata Johnnie, pemilihan Putri Pariwisata Indonesia merupakan penyelenggaraan yang ke-12 kali digelar Yayasan El John Indonesia, sedangkan untuk pemilihan Putra Putri Nusantara menjadi penyelenggaraan yang ke-3 kalinya. "Tahun ini kami menyatukan acara di satu event. Mencoba mensinergikan karena sama-sama di bidang pariwisata. Jadi Putri Pariwisata Indonesia dan Putra Putri Pariwisata Nusantara kita gabungkan, dua event ini menjadi satu event,” kata Johnnie.

    Johnnie menjelaskan, kontes ini merupakan bentuk komitmen Yayasan El John Indonesia dalam mengembangkan sumber daya manusia (SDM) di sektor pariwisata. "Kami punya program Indonesia di panggung dunia. Kami ingin memberi kesempatan buat anak-anak dapat ke berbagai event internasional, agar mereka bisa mengenalkan Indonesia di panggung dunia. Lantas ketika sudah di panggung dunia, kita berharap dia dapat memperkenalkan budaya Indonesia. Memperkenalkan budaya Indonesia ini juga menjadi program kami bernama Bringing Indonesia Culture to Tha World,” ujar Johnnie.

    Menpar Arief Yahya mengapresiasi komitmen Yayasan El John Indonesia yang tak pernah putus dalam mengembangkan SDM Pariwisata melalui pemilihan Putri Pariwisata Indonesia maupun Putra Putri Pariwisata Nusantara.

    Menpar juga menyambut baik pemilihan tema tahun ini. Menurut Menpar, pemilihan tema tersebut sudah tepat karena trennya sekarang serba milenial. "Sekitar 51 persen inbound traveler ke Indonesia adalah generasi milenial dan 70 persen wisatawan melakukan search and share via digital. Pariwisata kita bisa naik pertumbuhannya karena kita go digital. Digital merupakan sebuah keniscayaan,” kata Menpar.

    Dalam kesempatan ini, Menpar juga memberikan wejangan kepada para finalis untuk membantu mempromosikan pariwiata Indonesia ke mancanegara. "Wejanganya jadi para finalis gunakan selalu digital untuk mempromosikan negaramu. Digital adalah media yang paling efektif untuk mempromosikan pariwisata. Saya selalu mengatakan the more digital, the more global, itu akan mudah dan biaya tidak terlalu banyak tapi impact-nya sangat besar. Pesannya sangat singkat aja promosikan tempat wisatamu dengan menggunakan digital,” ungkap Menpar.

    Dalam acara ini, Menpar Arief Yahya didampingi Founder Yayasan El John Indonesia Johnnie Sugiarto memasangkan slempang secara disimbolis kepada lima perwakilan finalis. Selempang ini sebagai tanda resmi dimulainya pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2019 dan Putra Putri Pariwisata Nusantara 2019.

    Seperti diketahui tahun finalis yang ikut di pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2019 sebanyak 25 finalis, sedangkan untuk Putra Putri Pairiwisata Indonesia sebanyak 34 finalis. Sebelum malam Grand Final, mereka harus menjalani masa karantina yang dimulai sejak 31 Agustus hingga 6 September 2019 mendatang.

    Untuk malam Grand Final akan diselenggarakan di Auditorium  TVRI di Jalan Gerbang Pemuda Jakarta, 6 September 2019. Malam Grand Final akan disiarkan langsung oleh TVRI. Siaran langsung di TVRI ini juga tak lepas dari dukungan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Disaat bersama juga akan disiarkan secara langsung oleh EL JOHN TV melalui siaran satelit. (son)