DPR Dorong Esemka Jadi Kendaraan Dinas Presiden

    304
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik serta sarana dan prasarana produksi PT Solo Manufaktur Kreasi, Kabupaten Boyolali, yang dikenal luas dengan produk Esemka, Jumat (6/9). Menanggapi produksi massal mobil buatan dalam negeri ini, pimpinan DPR merespon positif.

    Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengusulkan agar Presiden Joko Widodo  bisa menjadikan mobil Esemka yang baru diresmikannya sebagai kendaraan dinas kepresidenan. "Kalau gitu Pak Jokowi seperti yang saya bilang waktu itu juga, ganti dong dengan mobil Esemka yang dibangga banggakan. Saya kira itu spiritnya akan bagus, kan udah diproduksi, ganti dulu pakai mobil Esemka," kata Fadli Zon di Kompleks Parlemen,  Senayan, Jakarta, Jumat (6/9).

    Sebab apabila Kepala Negara menjadikan mobil Esemka sebagai kendaran dinas akan berdampak positif dan luas bagi masyarakat terhadap penggunaan mobil tersebut.

    Terkait dengan predikat produk nasional ini, Fadli berharap ada penjelasan detil mengenai konten yang ada di dalam mobil Esemka. Sebab, sejumlah pihak masih meragukan apakah kandungan material dalam mobil benar-benar diproduksi dari dalam negeri. "Saya baca Esemka itu tidak ada kaitannya dengan Esemka-nya Pak Jokowi ya dan Esemka yang diresmikan sekarang ini bukan mobil nasional. Jadi mungkin merknya saja kali sama. Kita lihat kontennya itu mobil Esemka dalam negeri atau mobil yang dibangun di Indonesia, saya dengar banyak partikel komponennya itu bukan komponen lokal," ucap Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini. (har)