20 Wanita Cantik Berebut Gelar Duta Spa & Wellness Tourism Award

    100
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Sebanyak 20 wanita cantik dari berbagai daerah mempersiapkan diri untuk memperebutkan gelar sebagai Duta Spa & Wellness Tourism Award 2019. Malam puncak ajang pemilihan duta terapi kesehatan tradisional ini akan dilaksanakan di Jakarta, Senin (9/9).

    Pembina Yayasan Pariwisata Spa Indonesia (YPSI) Annie Savitri dalam jumpa pers di Jakarta, Sabtu (7/9) mengatakan, tak banyak yang tahu, industri Spa di Tanah Air ternyata memiliki potensi untuk bisa memenangkan persaingan di pasar internasional karena keunggulan produknya.

    Bukan hanya itu, Spa di Indonesia juga memiliki keunikan tersendiri termasuk juga dengan terapis Spa yang telah dikenal kepiawannya hingga ke mancanegara. "Kalau kita ke Maldive, hampir semua terapis Spa berasal dari Indonesia," katanya.

    Annie berharap, melalui ajang Spa Award dapat meningkatkan awareness dan pemahaman pariwisata Spa Indonesia di Indonesia dan mancanegara, meningkatkan kualitas pelayanan Spa di Indonesia dan menjadi Spa terbaik secara  Internasional, serta merangsang pertumbuhan pariwisata Spa di Indonesia.

    Melalui forum ini, kata Annie, YPSI berharap pemerintah bisa mendukung dari sisi perpajakan yang belum mendukung pertumbuhan pada industri jasanya. “Saya berharap pemerintah dapat merevisi aturan perpajakan sehingga industri ini dapat berkembang cepat," paparnya.

    Annie mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan standarisasi pengelolaan industri di bidang Spa. Selain itu untuk meningkatkan kualitas daya saing tenaga kerja bidang terapis Spa dan meningkatkan kompetensi dan juga agar para terapis Spa memahami pentingnya profesional dan legalitas.

    Ketua Yayasan Pariwisata Spa Indonesia (YPSI) Trisya Suherman mengatakan, potensi industri Spa sangat besar "Terapis Spa dan rempah-rempah Indonesia salah satu yang luar biasa dan terkenal di dunia," ungkap Trisya.

    Trisya juga mengatakan, YPSI bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata akan menyelenggarakan kegiatan Spa & Wellness Tourism Award 2019, diantaranya memilih pelaku usaha industri Spa, profesional Spa, dan duta Spa Indonesia.

    Spa & Wellness Tourism Award 2019 Indonesia akan memberikan penghargaan untuk 5 kategori profesi, 17 kategori industri, dan 3 untuk Duta Spa Indonesia.

    Asisten Deputi Pengembangan Wisata Budaya Kemenpar, Oneng Setya Harini mengakui, bila Indonesia memiliki potensi SDM yang luar biasa di sektor pariwisata, termasuk diantaranya terapis Spa yang telah mengharumkan nama Indonesia di mancanegara.

    Kemenpar, kata Oneng, akan terus mendorong pertumbuhan industri Spa dengan memberikan sertifikasi terpis Spa agar memiliki standar global. Terlebih lagi pemerintah tengah mendorong pariwisata menjadi salah satu sektor unggulan di Tanah Air. "Pariwisata kita sedang jadi pembicaraan dunia karena tingkat pertumbuhan, peluang tenaga kerja, dan devisa bagi negara jumlahnya luar biasa signifikan,” kata Oneng. (son)