Kominfo Bangun Ekosistem Marketplace di Sentra UMKM

    24
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Kominfo gencar mendorong pelaku UMKM untuk segera mengenal marketplace. Lewat acara bertajuk Grebeg Pasar UMKM Go Online, dimana pedagang pasar berhasil memiliki toko online di marketplace.

    Kepala Seksi Pengembangan dan Fasilitasi Platform Perdagangan Kominfo Puti Adella Elvina di Jakarta, Selasa (10/9) mengatakan, sosialisasi, edukasi dan pendampingan door-to-door kepada pelaku UMKM paling efektif mengingat kesibukan para pedagang di kios mereka. "Kami menggelar acara di pasar-pasar untuk menjaring dan menciptakan kantung-kantung ekosistem baru di pusat perniagaan," kata Ade.

    Selama 12 hari Direktorat Ekonomi Digital Kementerian Kominfo lewat Relawan Pandu Digital telah melakukan sosialisasi, edukasi dan pendampingan pemanfaatan marketplace untuk menunjang pelaku UMKM berdagang.

    Ade berharap dengan adanya ekosistem baru akan memudahkan stakeholder melakukan pembinaan. "Berdagang di marketplace ini kan butuh trik-trik tertentu. Mereka yang baru bergabung (di marketplace) butuh pembinaan lebih jauh agar mereka segera go digital. Saya berharap dari marketplace maupun dari dinas-dinas terkait segera melakukan pendampingan dan pembinaan agar pelaku UMKM ini merasakan manfaat hadirnya platform digital yang lebih aman dan nyaman untuk berdagang,” lanjut Ade.

    Bergabungnya para pelaku UMKM di pasar-pasar ke marketplace akan membuka peluang baru berkembangnya pasar tradisional ke pasar digital. Tidak lagi hanya mengandalkan cara-cara konvesional, pedagang juga dapat aktif berdagang di kanal-kanal e-commerce. "Dengan berkembangnya pasar tradisional ke pasar digital maka industri-industri lain juga akan mendapat keuntungan. Jasa pengiriman misalnya, platform pembayaran digital dan perlengkapan packaging sudah pasti akan tumbuh sebagai industri pendukung layanan belanja online,” terang Ade.

    Ade yakin jika ekosistem ini benar-benar terwujud, pasar tradisional tetap akan menjadi sentra perdagangan dua jalur. Pertama adalah jalur offline dan kedua jalur digital. (son)