Ekspansi ke Malaysia, Lion Parcel Gandeng Line Clear Express

    23
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    PT Lion Express dengan merk dagang Lion Parcel yang berada di naungan Lion Group melakukan kesepakatan kemitraan untuk kerjasama logistik lintas batas dan peningkatan perdagangan bilateral antara Indonesia dan Malaysia untuk ekonomi digital atau e-commerce.

    Nota Kesepahaman yang dilakukan tidak lain adalah bentuk dukungan dari Lion Parcel kepada Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Desa Pembagunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes)

    Perjanjian dengan Line Clear Express yang difasilitasi oleh State Goverment of Selangor dilaksanakan melalui penandatanganan MOU (Memorandum of Understanding) terkait dengan pendirian sistem mikro logistik UKM (Usaha Kecil dan Menengah) di daerah menggunakan rantai pasokan digital.

    Penandatanganan MOU dilakukan antara Chief Executive Officer (CEO) Lion Parcel, Farian Kirana dan CEO of Line Clear Express Wong Eng Su di Lion Air Tower Jakarta, Rabu (11/9).

    Perjanjian kemitraan yang dilakukan Lion Parcel dengan Line Clear Express akan membuka peluang potensi pengiriman produk UKM, BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) dan pengiriman retail sebagai usaha yang berkesinambungan untuk memperluas pangsa pasar produk kedua negara (Indonesia dan Malaysia).

    Kerjasama rantai pasokan digital bertujuan untuk mengembangkan kompetensi digital, meningkatkan pemberdayaan serta mengurangi peran pihak penengah. Pada akhirnya akan mendorong pengalaman layanan terbaik sebagai imbalan atas peluang dan permintaan bisnis yang berkelanjutan.

    Lion Parcel dan Line Clear Express memberikan akses pengiriman secara door to door, mulai dari penjemputan di pintu pengirim suatu Desa/Village sampai kepada pengantaran ke penerima di Desa/Village tujuan.

    Chief Executive Officer Lion Parcel (CEO) Farian Kirana mengatakan, kemitraan yang dilakukan Lion Parcel dengan Line Clear Express ini diharapkan dapat meningkatkan pengiriman baru yang berasal dari UKM, retail, pelajar, pekerja dan klien korporat.

    Selain itu, kata dia, pengambilan barang dapat dilakukan dari desa atau tempat dimana pun di Indonesia dan untuk dikirimkan kepada penerima di setiap lokasi di Malaysia, begitu juga sebaliknya.

    Prosedur Ekspor

    Lion Parcel pada kesempatan juga melakukan penandatanganan MOU dengan PADIMALL yaitu ecommerce yang mendukung UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), desainer lokal, produsen dan pedagang Muslim dengan membangun wadah online retail untuk melakukan prosedur ekspor produk.

    PADIMALL akan bergabung sebagai Point of Sales dari Lion Parcel di setidaknya 12 (dua belas) wilayah di Indonesia. Diharapkan dengan dilakukannya kemitraan ini, PADIMALL dapat pula berperan sebagai Konsultan Pengiriman untuk setiap permintaan dan kebutuhan yang berasal dari UKM di daerah masing-masing.

    Wong Eng Su, CEO of Line Clear Express mengatakan, sebagai muatan balik, produk ritel dari Malaysia banyak digandrungi oleh warga Indonesia. "Yang dibeli dari Malaysia ada tiga yang besar, yaitu pakaian, aksesoris dan panganan. Jadi ramai bapak ibu beli," katanya.

    Lion Parcel merupakan anak perusahaan Lion Air Group yang bergerak dibidang jasa pengiriman dan pengelolaan logistik (Distribusi dan Logistik) dengan capaian pengiriman per hari mencapai puluhan ton, Dimana salah satu target pasarnya adalah kalangan UKM (Retail) dan peningkatkan volume di wilayah timur Indonesia.

    Layanan Lion Parcel yang menyediakan layanan berbasis Aplikasi yang dilengkapi dengan fitur tracking, dimana dapat menjangkau seluruh pelosok Indonesia karena memiliki jalur penerbangan sendiri yaitu menggunakan maskapain Lion Air Group (Lion Air dan Wings Air, Malindo Air, Thai Lion Air).

    Selain itu Lion Parcel sudah melakukan kerjasama dengan PT. POS Indonesia untuk menjangkau pengantaran di wilayah terpencil (remote area), serta dengan KALOG (Kereta Api Logistik) di dalam pengembangan pelayanan pengantaran melalui moda transportasi darat untuk seluruh desa/kelurahan di Pulau Jawa. (son)