Gojek Implementasikan Jakarta Smart City

    47
    JAKARTA (Bisnisjakarta)
    Gojek terus menjalankan misinya untuk mencari solusi teknologi bagi permasalahan yang dihadapi masyarakat, khususnya warga Jakarta. Platform teknologi terdepan di Asia Tenggara yang merupakan karya anak bangsa tersebut menandatangani nota kesepahaman bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta demi mendukung implementasi Jakarta Smart City.

    Nota kesepahaman tersebut mencakup pilar Smart Living, Smart Governance, Smart Economy, Smart Tourism dan Smart Mobility yang ditandatangani antara Sekda Pemprov DKI Jakarta Saefullah dan SVP Public Policy and Government Relations Gojek Panji Winanteya Ruky disaksikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jakarta, Jumat (13/9).

    Panji percaya bahwa #PastiAdaJalan untuk memudahkan kehidupan sehari-hari masyarakat
    dengan memanfaatkan teknologi Gojek. Panji berharap bahwa kolaborasi membangun Jakarta Smart City ini dapat membantu masyarakat, dan seluruh mitra ekosistem Gojek, seperti mitra driver, mitra merchants GoFood, dan mitra GoLife menjadi lebih produktif, lebih nyaman dan lebih sejahtera.

    Sejauh ini, kata Panji, perwujudan kerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta melibatkan beberapa program dan layanan Gojek, termasuk GoNusantara untuk pilar Smart Economy, serta GoTix dan LOKET untuk pilar Smart Tourism.

    Melalui GoNusantara, kata dia, Gojek secara konsisten mendorong pengembangan UMKM melalui pelatihan kewirausahaan. Di Jakarta, program GoNusantara dilakukan dalam kolaborasi dengan program Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan target 200.000 UMKM baru yang dapat terus berkembang di era digital.

    Guna mendukung pilar Smart Tourism, Panji mengatakan, Gojek melalui layanan GoTix akan menghadirkan kolom khusus Enjoy Jakarta. Layanan GoTix yang menyediakan ticketing dan penyedia informasi beragam acara dan tempat hiburan dalam aplikasi Gojek tersebut diharapkan dapat memperluas dan memudahkan akses bagi masyarakat ke berbagai destinasi pariwisata di ibu kota.

    Ia mengatakan  para pengguna Gojek dapat memanfaatkan berbagai hal, mulai dari pembelian tiket online, hingga melakukan promosi acara melalui solusi event and entertainment LOKET.

    Di Indonesia, DKI Jakarta merupakan Provinsi pertama yang memiliki laman eksklusif untuk mempublikasikan acara terkini dan destinasi wisata dalam aplikasi Gojek. (son)