92 Pemda Terima Penghargaan Wahana Tata Nugraha

    48
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Kementerian Perhubungan memberikan penghargaan Wahana Tata Nugraha Tahun 2019 kepada 92 Pemerintah Daerah. Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam rangka peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2019 di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (15/9).

    Penghargaan Wahana Tata Nugraha merupakan penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia kepada Provinsi, Kota/Kabupaten yang mampu menata transportasi dan fasilitas publik dengan baik.

    Penilaian Penghargaan Wahana Tata Nugraha pada tahun ini diselenggarakan selama 5 (lima) hari yang dimulai pada tanggal 22 s.d 26 April 2019 kepada 152 Kabupaten/Kota. Adapun anggota tim penilai Penghargaan WTN 2019 ini merupakan perwakilan dari Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Kementerian Dalam Negeri, Akademisi dan Pakar Transportasi.

    Menhub Budi menuturkan bahwa penyerahan penghargaan ini merupakan upaya pembinaan dari Kementerian Perhubungan kepada Pemerintah Daerah agar memenuhi kriteria bagi penyelenggaraan pelayan transportasi dan fasilitas publik. "Baru saja menyerahkan penghargaan Wahana Tata Nugraha untuk pemerintah Provinsi, Kabupaten, Kota. Ini adalah upaya pembinaan bagi Kemenhub agar semua pihak itu memenuhi kriteria-kriteria yang kita berikan. Ada yang sudah maksimal namun ada juga yang belum maksimal dan ini kita pantau setiap 2 tahun sekali," tuturnya.

    Baca Juga :   Whitesky-Garuda Perpanjang Kerja Sama Layanan Eksklusif

    Lebih lanjut disampaikan, penghargaan WTN 2019 ini dianggap dapat menunjukkan peningkatan kinerja di setiap Provinsi, Kabupaten dan Kota. "Sejauh ini apa yang kita lakukan relatif cukup baik dan oleh karenanya dengan upaya memberikan evaluasi setelah dua tahun, ini menunjukkan peningkatan kinerja di setiap Provinsi Kabupaten Kota. Peningkatan ini penting, karena ekspektasi Pak Presiden bahwa kinerja kota-kota ini harus didukung dan didorong dengan suatu mekanisme dan evaluasi," pungkas Menhub.

    Dari hasil penilaian ditetapkan 92 Provinsi, Kota serta Kabupaten yang berhak mendapatkan Piala Penghargaan Wahana Tata Nugraha yang terbagi menjadi 3 (tiga) kategori yaitu :

    Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) Wiratama  diserahkan kepada Pemerintah Provinsi yang menerima penghargaan WTN Tahun 2019 terbanyak untuk kab/kota di dalam 1 provinsi. Pada tahun ini terdapat 15 (lima belas) Provinsi terbaik yang mendapatkan penghargaan Wahana Tata Nugraha Wiratama diantaranya adalah : Provinsi Bali, Provinsi D.I. Yogyakarta, dan Provinsi Jawa Timur.

    Baca Juga :   Kontak Tembak di Papua, Dua Teroris Tewas

    Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) Tanpa Catatan diserahkan kepada 39 Kab/Kota diantaranya : Kota Binjai, Kota Medan, dan Kota Palembang.

    Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) Dengan Catatan diserahkan kepada 38 Kab/Kota diantaranya : Kabupaten Probolinggo (perbaikan pada bidang angkutan dan umum), Kabupaten Pacitan (perbaikan pada bidang sarana), dan Kabupaten Tanah Laut (perbaikan pada bidang lalu lintas, angkutan dan prasarana).

    Selain penganugerahan penghargaan Wahana Tata Nugraha,  Kementerian Perhubungan juga memberikan Penganugerahan Bidang Transportasi Darat Tahun 2019 dengan kategori diantaranya adalah pemilihan Abdiyasa Teladan Tahun 2019 yang diserahkan kepada 4 orang pengemudi / awak kendaraan angkutan umum, Penghargaan Angkutan Orang terbaik Tahun 2019 yang diserahkan kepada 9 perusahaan, Penghargaan Angkutan Barang terbaik Tahun 2019 yang diserahkan kepada 9 perusahaan, serta Penghargaan Angkutan Penyeberangan yang diserahkan kepada 3 perusahaan. (son)