AP II Garap Potensi Pasar LCC

    6
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Bandara Internasional Soekarno-Hatta dinobatkan menjadi salah satu bandara di dunia yang paling terkoneksi secara internasional..Di dalam daftar Top 50 International Megahub Index 2019 yang dirilis lembaga riset global OAG, Soekarno-Hatta berada di peringkat ke-16 sebagai bandara paling terkoneksi di dunia dengan nilai indeks 191.

    Tidak hanya itu, Soekarno-Hatta juga masuk sebagai salah satu bandara di dalam daftar Top 10 Low-cost International Megahub Index 2019 tepatnya di posisi ke-8 dengan index 78.

    Adapun berdasarkan publikasi dari OAG tersebut maskapai yang mendominasi rute internasional di Soekarno-Hatta adalah Garuda Indonesia dengan pangsa pasar (share of flights at hub) mencapai 26%.

    President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan Soekarno-Hatta sendiri saat ini melayani operasional sebanyak 50 rute penerbangan internasional. "Rute penerbangan internasional di Soekarno-Hatta mencapai 50 rute, atau lebih banyak dari domestik sebanyak 48 rute," katanya.

    Awaluddin mengatakan tingginya peringkat Soekarno-Hatta di daftar Megahub dunia  salah satunya didukung pertumbuhan pasar maskapai penerbangan berbiaya hemat (low-cost carrier/LCC) di Asia. "Pertumbuhan pasar LCC di Asia mampu digarap dengan baik oleh Soekarno-Hatta melalui LCC Terminal 2F," katanya.

    Awaluddin menambahkan pertumbuhan pasar penerbangan hemat biaya di Soekarno-Hatta cukup menggembirakan setelah ada terminal khusus LCC yaitu LCC Terminal 2F . Pada Januari-September 2019 jumlah penumpang LCC di Soekarno-Hatta mencapai 3,16 juta penumpang atau naik 4% dibandingkan dengan periode sama tahun lalu. (son)