Yoga, Solusi Olah Tubuh Untuk Hidup Lebih Berkualitas

    20
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Celebrity Fitness berkolaborasi dengan Fitness First menyelenggarakan acara dual brand-nya, Yoga In The Park. Yoga In The Park yang diikuti ratusan peserta itu digelar di Taman Mega Arsitektur seluas 12.000 m2 Scientia Square Park Serpong – Tangerang, Minggu (29/9).

    National Group Gitness Manager Andry Green mengatakam, yoga merupakan aktivitas dimana seseorang dapat mengenal tubuhnya sendiri melalui gerakan yang merupakan teknik yoga. Sekarang, kata Andry, yoga diadaptasikan dengan fitnes dan tidak lagi fokus pada spiritualnya, tetapi lebih kepada gerakan untuk kebugaran tubuh.

    Andry mengatakan, benafit mengikuti yoga cukup banyak seperti dapat memperkuat otot dan sendi, membuat seseorang lebih fokus atau awarness dalam memahami tubuh sendiri, meningkatkan fleksibilitas dan terhindar dari cedera. "Sekali lagi, yoga bukan meditasi tapi sebenarnya gerakan yang didesain sedemikian rupa yang pada akhirnya dapat membakar kalori serta dapat menurunkan berat badan," ungkap Andry.

    Sebaikhya, pesan Andry, yoga dilaksanakan secara rutin karena terkait dengan stamina tubuh, sehingga mau gerakan apapun lama kelamaan akan menjadi gampang. Sebaliknnya bagi yang on off tentu akan menurunkan fungsi otot dan sendi itu sendiri.

    Sementara Country Manager Celebrity Fitness & Fitness First Indonesia David Prosser mengaku senang bahwa belakangan semakin banyak pecinta yoga. "Tahun lalu, Yoga In The Park diikuti 250 peserta. Tahun ini, diikuti lebih dari 600 peserta," katanya.

    Head of Fitness dari kedua brand Celebrity Fitness dan Fitness First, Triesca Arisandy menjelaskan, banyak manfaat kesehatan dari olahraga yoga juga menjadi faktor pemicu kenaikan popularitas olahraga yoga. “Meningkatkan keseimbangan tubuh, fleksibilitas, otot inti, kekuatan sendi, kekebalan tubuh dan juga fokus mental adalah bagian penting dari gaya hidup sehat berbasis holistik,” katanya.

    Triesca mengatakan, yoga cocok untuk semua usia. Secara keseluruhan, olahraga tersebut berfokus kepada praktik teknik pernapasan yang hanya menggunakan hidung atau lebih dikenal di kalangan pecinta yoga sebagai Ujayyi Breathing.

    Selain itu, kata dia, juga ada performa berbagai kombinasi pose yoga seperti Sun Salutations (Surya Namaskar), Standing Forward Bend (Uttanasana) and Downward-Facing Dog (Adho Mukha Svanasana).

    Saat ini banyak penggemar yoga, dan petualangan mereka terus berlanjut, dimana para Instruktur Yoga dengan sertifikasi skala nasional dan internasional mengajar hampir 600 kelas yoga setiap minggunya, termasuk kelas-kelas Signature Celebrity Fitness seperti Hot Yoga dan Floating Yoga. "Pilihan program yoga yang beragam telah menjadi salah satu faktor utama yang menjadikan kami berhasil membuat yoga lebih populer sekaligus memperluas komunitas yoga kami dengan cepat," tambah Prosser.

    Di samping kelas-kelas yang tersedia di Celebrity Fitness, banyak penggemar yoga yang juga mengunjungi belasan klub Fitness First Indonesia untuk menikmati hampir 200 kelas yoga setiap minggunya. Kelas Yoga Signature di klub Fitness First, Flow Yoga Series, menawarkan 6 tema yoga dengan sensasi yang unik di setiap kelasnya, di antaranya, Gentle Flow, Dynamic Flow, Hot Flow, Core Flow, Advanced Flow dan Aerial Flow. (son)