Menpar Berikan Penghargaan Anugerah Pesona Wisata kepada Pewarta Pariwisata

    45
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Menpar Arief Yahya memberikan penghargaan Anugerah Pewarta Wisata Indonesia (APWI) 2019 kepada sejumlah pewarta pariwisata dengan karya terbaik seputar Millennial Tourism. "Millennial Tourism dipilih menjadi tema utama dalam APWI 2019 dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan milenial. Millennial Tourism adalah pasar kita mendatang. Kita harus memenangkan wisatawan generasi milenial yang semakin mendominasi wisman yang berkunjung ke Indonesia,” kata Menpar di Jakarta, Rabu (2/9).

    Ia mengatakan, pemberian penghargaan APWI 2019 merupakan bentuk apresiasi Kemenpar kepada para perwarta pariwisata atas karya tulisan dan tayangan televisi terbaik mereka seputar Millennial Tourism sebagaimana tema utama dan Destinasi Super Prioritas yang mendapat perhatian khusus pemerintah.

    Pewarta dari media cetak (surat kabar dan majalah), media elektronik televisi, media online, serta blogger dan media khusus mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kompetisi APWI 2019.

    Dengan tema wisata milenial, Menpar berharap kinerja sektor pariwisata Indonesia semakin baik termasuk dalam upaya memenuhi target kunjungan 18,5 juta wisman tahun ini di mana lebih dari 50 persen datang dari kalangan kaum melenial. Selain millennial tourism, program pengembangan Destnasi Super Prioritas menjadi tema lomba dan mendapat penghargaan kusus.

    Menpar memberikan apresiasi  penyelenggaraan APWI 2019 karena diharapkan dapat memacu para pewarta pariwisata dalam membuat karya dalam tulisan atau tayangan yang menginformasikan kepada wisatawan tentang berbagai kegiatan yang terkait dengan unsur 3A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas).

    Unsur 3A dianggap sebagai unsur penting dalam mendukung daya saing destinasi pariwisata yang saat ini harus mengikuti tren era digital dengan kunjungan wisatawan didominasi dari generasi milenial.

    Menurut dia, media sebagai komponen Pentahelix (akademisi, industri, komunitas, pemerintah, dan media) mempunyai peran strategis dalam memajukan kepariwisataan nasional. "Kemajuan pariwisata sangat ditentukan oleh peran serta dan dukungan dari semua elemen, terutama peran media dalam menyebarkan informasi kepada wisatawan,” kata Menpar.

    Ia juga mengatakan, informasi  yang disampaikan media menjadi promosi yang  efektif serta dapat mendorong minat wisatawan melakukan perjalanan antara lain mengunjungi destinasi digital di tanah air.

    Plt. Kepala Biro Komunikasi Publik Kemenpar Guntur Sakti melaporkan, lomba APWI 2019 diikuti peserta masing-masing kategori yaitu Majalah 28 karya, Surat Kabar 40 karya, Televisi 73 karya, Blog 92 karya, Media Online 117 karya, dan Kategori Khusus 79 karya dengan total hadiah Rp500 juta serta voucher liburan dengan total nilai sebesar Rp31 juta.

    Dari para peserta tersebut, Dewan juri  memilih karya untuk ditetapkan sebagai juara 1, 2, 3 dan harapan 1 dan 2 untuk masing-masing kategori. Dewan juri juga menetapkan  karya Best of The Best dengan hadiah mencapai Rp100 juta. (son)