Bamsoet : Persaingan dengan Airlangga Sudah Selesai

    8
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Usai terpilih menjadi Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan persaingan antara dirinya dengan Airlangga Hartarto dalam perebutan kursi ketua umum Partai Golkar sudah selesai. "Saya ingin mengatakan bahwa tidak ada lagi persaingan, kita sudah selesai," kata Bamsoet kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (4/10).

    Bamsoet mengatakan bahwa ia sudah memutuskan untuk meredakan tensi persaingan dalam perebutan kursi Ketua Umum Golkar. Hal itu sejalan dengan pertemuan antara dirinya dan Airlangga yang menyepekati memilih untuk melakukan konsolidasi internal dalam rangka penguatan partai.

    Ketika ditanya, apakah kesepakatan itu sebagai bentuk kompromi dengan Airlangga yang telah memberi tempat kepadanya untuk kursi Ketua MPR RI, Bamsoet tidak menjawab tegas. Ia tidak menjelaskan secara rinci komitmen apa yang dibangun dalam pertemuan dirinya dengan rivalnya itu sebelum pemilihan Ketua MPR. "Lain-lain biarlah saya, ketua umum (Airlangga), dan Tuhan yang tahu, komitmen apa yang sudah kami buat," kata Wakil Koordinator bidang Pratama DPP Partai Golkar ini.

    Untuk diketahui, saat pemilihan Ketua MPR RI, Ketua Umum Airlangga Hartarto secara penuh memberi dukungan kepada Bamsoet untuk posisi Ketua Umum MPR RI. Hal itu ditunjukkan dengan kehadiran Airlangga di dalam ruang Sidang Paripurna MPR RI pada Kamis (3/10).

    Usai Bamsoet terpilih dan disetujui menjadi Ketua MPR RI, secara khusus Bamsoet mendatangi dan menyalami Airlangga yang duduk di balkon VVIP ruang Sidang Paripurna MPR RI.

    Bamsoet menyampaikan apresiasi atas dukungan secara langsung Airlangga yang saat menjabat sebagai Menteri Perindustrian itu melalui mikrofon. "Terima kasih juga untuk ketua umum saya, Pak Airlangga Hartarto," kata Bamsoet. (har)