PYFM, Cara Panasonic Dukung Industri Kreatif Indonesia

    19
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Perkembangan teknologi dan digital saat ini memunculkan berbagai trend baru dalam industri kreatif, misalnya content creator pada berbagai platform media sosial. Seorang content creator dituntut mampu menciptakan konten yang menarik, misalnya dalam bentuk film pendek ataupun digital video dalam berbagai segmen seperti vlog, music video, klip atau konten lain yang kreatif dan bermanfaat.

    Sebagai wujud dukungan akan kreatifitas masyarakat Indonesia, sejak tahun 2015, Panasonic secara konsisten mendukung pengembangan industri kreatif melalui kegiatan Panasonic Young Film Maker (PYFM) yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali.

    Dengan target peserta dengan rentang usia 15 – 30 tahun, Panasonic Young Film Maker menjadi salah satu implementasi dari komitmen Panasonic dalam meningkatkan motivasi serta menghadirkan pendidikan dan pelatihan untuk filmmaker muda bertalenta di seluruh Indonesia.

    Presdir PT Panasonic Gobel Indonesia Seigo Saifu mengatakan, Panasonic Young Film Maker merupakan salah satu upaya dalam berkontribusi untuk kemajuan industri kreatif di Indonesia. "Kami percaya bahwa produk kami, terutama Lumix, memegang peranan penting untuk mendukung ambisi dan kreatifitas masyarakat Indonesia dalam industri fotografi dan videografi," kata Saifu.

    Mengusung kolaborasi tanpa batas, menurut Saifu, Panasonic mengajak para stakeholder dalam industri perfilman serta videography Indonesia untuk terus memberikan motivasi serta edukasi kepada generasi muda Indonesia untuk terus tumbuh dan berkembang.

    Bekerja sama dengan Digital Cinematography Indonesia, Hunting Pasar, dan Visinema, PYFM 2019 akan mengadakan workshop roadshow mengenai pembuatan film pendek serta penjelasan fitur yang ada dalam kamera LUMIX yang mendukung pembuatan film pendek, serta mengajak para peserta workshop untuk mengikuti kompetisi ini.

    Roadshow ini akan dilaksanakan di sebelas kota besar di Indonesia, yakni Bandung, Jakarta, Malang, Padang, Yogyakarta, Surabaya, Bengkulu, Bali, Banjarmasin, Manado, Makassar.

    Audio Visual Marketing Group Manager PT Panasonic Gobel Indonesia Agung Ariefiandi mengatakan, tingginya antusiasme filmmaker muda di Indonesia menginspirasi Panasonic untuk menghadirkan kembali PYFM 2019.

    Tahun ini, kata Agung PYFM hadir dengan ragam inovasi yang disesuaikan dengan trend di industri kreatif Indonesia. "Dengan misi meningkatkan industri kreatif di Indonesia ke level berikutnya, kami menghadirkan kembali PYFM untuk memberikan pendidikan serta motivasi bagi para filmmaker muda di Indonesia untuk terus berprestasi dan membawa nama baik Indonesia ke berbagai ajang film di tingkat lokal maupun internasional," kata Agung.

    Mengangkat tema video “CHANGE” yang memberikan kesempatan untuk menunjukan sikap dan kemauan seseorang untuk berfikir secara analogi dengan perencanaan yang sempurna.

    Berkembang dari dua tahun lalu, tahun ini, PYFM hadir dengan tiga kategori. Kategori pertama adalah Kategori Short Movie merupakan produksi film dengan media konvensional dengan genre drama, komedi, horror, action, serta dokumenter dengan durasi maksimal 15 menit.

    Katergori kedua, online video merupakan produksi video dengan durasi maksimal 10 menit yang terbagi dalam 4 Genre video yaitu Travel Video, Fashion Film, Music Video, dan Sketch Comedy. Kategori ketiga adalah Wedding Films yang merupakan special category tahun ini. "Adapun dari ketiga kategori ini akan dipilih total 8 pemenang dengan total hadiah Rp 300 juta," kata Agung. (son)