Pelaku Diduga Terpapar Paham ISIS

    8
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Polisi masih mendalami motif pelaku aksi penyerangan terhadap Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto di Pandeglang, Banten, Kamis (10/10).

    Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Dedi Prasetyo menduga pelaku penyerangan dan penusukan terhadap Menko Polhukkam Wiranto karena terpapar paham radikalisme. Pelaku diduga kuat terpapar paham ISIS. "Diduga pelaku terpapar radikal ISIS. Nanti akan didalami apakah pelaku terhubung dengan jaringan JAD Cirebon atau JAD Sumatera," ucap Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (10/10).

    Menurutnya, sesaat setelah aksi penyerangan, polisi langsung mengamankan dua orang terduga pelaku, yakni Fitri Andriana Binti Sunarto (FA) dan Syahril Alamsyah  (SA) alias Abu Rara. Keduanya juga diduga pasangan suami isteri.

    Hingga kini, keduanya masih menjalani pemeriksaan. Adapun pemeriksaan itu dilakukan oleh pihak Polda Banten, Polres Pandeglang dan turut dibantu oleh Densus 88. "Terduga pelaku saat ini sudah diamankan di Polres Pandeglang, dan masih diperiksa oleh Polres Pandeglang, Polda Banten dan Densus 88," urainya.
    Untuk diketahui, Wiranto menjadi korban penyerangan Kamis siang (10/10) di Pandeglang, Banten.

    Peristiwa penyerangan terjadi ketika mantan Menhankam/Pangab itu berada di Pintu Gerbang Lapangan Alun-Alun Menes Desa Purwaraja, Pandeglang, Banten, sekitar pukul 11.55 WIB.

    Kehadiran Wiranto untuk meresmikan Kampus Universitas Mathlaul Anwar  Jln. Raya Labuan KM. 23 Kp. Cikaliung Desa Sindanghayu Kec. Saketi Kab. Pandeglang, Banten.

    Pelaku yang berada di lokasi pun mendekati Wiranto dengan berpura-pura bersalaman. Kedua terduga pelaku itu kemudian mengarahkan senjata tajam yang telah dipersiapkan untuk menyerang Wiranto hingga membuat Wirantoi tersungkur dan terluka akibat tusukan di tubuh bagian depan perutnya.

    Kapolsek Menes Kompol Dariyanto yang berada didekat Wiranto pun turut terkena sabetan senjata tajam itu saat hendak mengamankan pelaku. Akibatnya, tubuh bagian belakang Dariyanto mengalami luka tusukan.

    Mantan Sespri Wiranto yang bernama Fuad juga menderita luka dibagian Dada. Keduanya pun langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pandeglang, Banten. (har)